Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YCH dan Pelindo Berkolaborasi Hadirkan Smart Growth Connect di Indonesia

Kompas.com - 06/07/2022, 09:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com YCH Indonesia dan PT Pelindo Solusi Logistik hadirkan Smart Growth Connect di Indonesia.

Smart Growth Connect adalah proyek inisiatif berupa kawasan yang terhubung secara komprehensif dan terintegrasi.

Hal ini menyusul penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (4/7/2022) yang dilaksanakan di Singapura.

Inti dari penandatanganan MoU tersebut adalah untuk melakukan studi kelayakan bersama dan mengeksplorasi pembentukan proyek warisan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) di Jakarta.

Tujuan ke depannya adalah untuk menumbuhkan kota tanpa rasa sakit, menyusul Indonesia yang akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.

Baca juga: KAI Gandeng Pelindo dan PTPN III Bangun Jalur ke KEK Sei Mangkei Sumut

Adapun proyek ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pertama adalah Vietnam SuperPort tahun 2021 yang merupakan proyek infrastruktur logistik terbesar di Vietnam.

Kedua adalah Phnom Penh Logistics Center di Kamboja pada Mei 2022. Ini merupakan fasilitas infrastruktur logistik pintar hasil kerja sama antara YCH Group dengan WorldBridge Group.

Selain itu, penandatanganan MoU ini juga merupakan tindak lanjut kesepatan sebelumnya yang ditandatangani oleh YCH Indonesia dan PT Multi Terminal Indonesia pada November 2021.

Presiden Direktur YCH Indonesia Roland Yap mengatakan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong rantai pasokan dan konektivitas logistik di ASEAN serta mendorong integrasi ekonomi regional bagi Indonesia dan negara lainnya.

“Kami percaya perkawinan keahlian gabungan kami akan melompati kemajuan untuk memenuhi tujuan ini. Dengan ditandatanganinya MoU, kami sangat terdorong untuk memperkuat langkah kami untuk mempercepat kemajuan secara kolektif,” jelasnya dalam rilis.

Baca juga: Pelindo Jadi Satu, SPPI: Tidak Ada Lagi Sekat-sekat

Sementara itu, Presiden Direktur PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha mengatakan pihaknya terus meningkatkan layanan bisnis logistik dan industri.

“Untuk mendukung perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong ekosistem integrasi logistik dan efisiensi rantai pasokan, salah satunya melalui penandatanganan MoU ini dengan YCH Indonesia,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com