YCH dan Pelindo Berkolaborasi Hadirkan Smart Growth Connect di Indonesia

Kompas.com - 06/07/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com YCH Indonesia dan PT Pelindo Solusi Logistik hadirkan Smart Growth Connect di Indonesia.

Smart Growth Connect adalah proyek inisiatif berupa kawasan yang terhubung secara komprehensif dan terintegrasi.

Hal ini menyusul penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin (4/7/2022) yang dilaksanakan di Singapura.

Inti dari penandatanganan MoU tersebut adalah untuk melakukan studi kelayakan bersama dan mengeksplorasi pembentukan proyek warisan ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) di Jakarta.

Tujuan ke depannya adalah untuk menumbuhkan kota tanpa rasa sakit, menyusul Indonesia yang akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023.

Baca juga: KAI Gandeng Pelindo dan PTPN III Bangun Jalur ke KEK Sei Mangkei Sumut

Adapun proyek ini merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pertama adalah Vietnam SuperPort tahun 2021 yang merupakan proyek infrastruktur logistik terbesar di Vietnam.

Kedua adalah Phnom Penh Logistics Center di Kamboja pada Mei 2022. Ini merupakan fasilitas infrastruktur logistik pintar hasil kerja sama antara YCH Group dengan WorldBridge Group.

Selain itu, penandatanganan MoU ini juga merupakan tindak lanjut kesepatan sebelumnya yang ditandatangani oleh YCH Indonesia dan PT Multi Terminal Indonesia pada November 2021.

Presiden Direktur YCH Indonesia Roland Yap mengatakan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong rantai pasokan dan konektivitas logistik di ASEAN serta mendorong integrasi ekonomi regional bagi Indonesia dan negara lainnya.

“Kami percaya perkawinan keahlian gabungan kami akan melompati kemajuan untuk memenuhi tujuan ini. Dengan ditandatanganinya MoU, kami sangat terdorong untuk memperkuat langkah kami untuk mempercepat kemajuan secara kolektif,” jelasnya dalam rilis.

Baca juga: Pelindo Jadi Satu, SPPI: Tidak Ada Lagi Sekat-sekat

Sementara itu, Presiden Direktur PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha mengatakan pihaknya terus meningkatkan layanan bisnis logistik dan industri.

“Untuk mendukung perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong ekosistem integrasi logistik dan efisiensi rantai pasokan, salah satunya melalui penandatanganan MoU ini dengan YCH Indonesia,” tutupnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.