Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik, Tandon Air Plastik atau Fiberglass?

Kompas.com - 13/05/2022, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang ingin memilih tandon air untuk rumah, banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah jenis material yang digunakan.

Ada dua material tandon air yang cukup populer di pasaran yakni plastik dan fiber glass. Masing-masing material ini memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum melakukan pembelian tandon air, Anda wajib perbandingan antara keduanya agar tidak salah mengambil keputusan.

Tandon Air Plastik

Tandon air plastik adalah salah satu jenis tandon yang paling populer saat ini. Sebagian besar tandon berbahan plastik bahkan mudah ditemui terutama di toko bahan bangunan.

Baca juga: Tandon Air Baja Vs Plastik, Mana yang Lebih Baik?

Salah satu keuntungan menggunakan tangki ini adalah bahannya yanglebih ringan dari tandon berbagan baja sehingga mudah dipasang di lokasi yang Anda inginkan.

Karena tandon plastik mudah dijumpai, maka konsumen bisa dengan mudah memilih warna tandon sesuai dengan yang diinginkan.

Sayangnya tandon plastik tidak ramah lingkungan. Plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk terurai. Karena itu, bila sampah plastik tak diolah justru akan menimbulan bencana bagi bumi.

Meskipun tandon air plastik memiliki banyak variasi warna, tetapi seiriing waktu terlebih bisa ada di bawah sinar matahari, warna tandon akan pudar.

Jika memiliki tandon dengan ukuran besar, maka Anda harus memiliki memiliki kendaraan yang cukup besar untuk membawanya ke rumah.

Baca juga: Pilih Alas yang Tepat agar Tandon Air Tetap Kokoh

Tandon Air Fiberglass

Tandon air fiberglass biasanya digunakan untuk menyimpan air minum. Meskipun memiliki permukaan yang kaku, bahan fiberglass relatif tipis dan ringan.

Sifat ringan inilah yang membuat tandon ari fiberglass bisa ideal untuk diangkut dan diletakan pada lokasi yang sesuai.

Tandon air jenis memiliki harga jual yang relatif muran bahkan umur simpanna bisa mencapai 30-40 tahun.

Namun bahan fiberglass juga memiliki kekurangan. Meskipun ideal untuk manajemen tekanan air, lapisan luar fiberglass yang tipis memungkinkan banyak cahaya yang melewatinya.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mendorong pertumbuhan alga sehingga air menjadi tidak aman untuk dikonsumsi.

Tangki air ini juga tidak berumur panjang jadi harus dirawat dengan baik bila Anda membelinya. 

Demikianlah untung rugi tandon air yang terbuat dari bahan plastik dan fiberglass. Lakukan pembelian sesuai dengan dana yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com