Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlaku One Way di Tol Japek, Lajur Arah Jakarta Dipastikan Steril Kendaraan

Kompas.com - 28/04/2022, 18:17 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way pada Kamis (28/04/2022) sejak pukul 17.28 WIB.

Dimulai dari Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) sampai dengan Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

"Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan pers.

Baca juga: Mulai Diterapkan! Ganjil Genap dan One Way di Tol Japek Arah Semarang

Sebelum diterapkan one way, Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau lengang pasca diberlakukannya rekayasa lalu lintas sebelumnya.

Yaitu contraflow dari Km 65 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Km 86 Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang telah ditutup sejak pukul 14.00 WIB.

GT Cikampek Utama sebagai gerbang tol pertama yang melayani lalu lintas one way saat ini mengoptimalkan total 26 lajur transaksi.

Terdiri dari 21 gardu tol operasi serta penambahan 5 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Cikampek.

Baca juga: H-5 Lebaran, 951.758 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

"Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu setelah berbuka puasa, yang berpotensi menimbulkan kepadatan," pungkasnya.

Jasa Marga mengimbau agar pelaku perjalanan tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com