Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Hewan Peliharaan Anda dari Tanaman Hias Ini

Kompas.com - 29/03/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk memelihara hewan adalah mengenai koleksi tanaman di rumah.

Pasalnya, beberapa jenis tanaman, baik hias ataupun herbal diketahui berbahaya untuk kondisi kesehatan hewan.

Dilansir dari Kompas.com, Selasa (29/3/2022), berikut beberapa tanaman yang perlu Anda amankan dari hewan peliharaan.

Tomat

Ilustrasi tanaman tomat. PIXABAY/KATHAS_FOTOS Ilustrasi tanaman tomat.
Tidak jarang pemilik rumah memanfaatkan halaman mereka untuk menanam pohon tomat. Akan tetapi, jika Anda punya hewan peliharaan, sebaiknya beri pagar pada pohon tomat.

Pasalnya, tomat mentah, daun dan batangnya memiliki kandungan solanin yang sangat berbahaya bagi pencernaan kucing dan anjing.

Kucai

Ilustrasi menanam kucai di dalam pot. SHUTTERSTOCK/C.NASS Ilustrasi menanam kucai di dalam pot.
Kucai terkenal lezat untuk dikonsumsi sebagai lalapan. Namun, bila Anda juga memiliki hewan peliharaan, terlebih hewan peliharaan berbulu, sebaiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan mereka.

Jika kucai terkonsumsi oleh hewan, tanaman ini akan bersifat racun dan membahayakan kesehatan hewan.

Krisan

Krisan juga merupakan tanaman pengusir nyamuk yang dapat menjadi pilihan karena mengandung pyrethrum, insektisida alaminya.UNSPLASH/JASONG SUNG Krisan juga merupakan tanaman pengusir nyamuk yang dapat menjadi pilihan karena mengandung pyrethrum, insektisida alaminya.
Tanaman hias berbunga indah yang satu ini rupanya juga perlu dijauhkan dari hewan peliharaan. Caranya, Anda bisa menggantung tanaman krisan supaya sulit dijangkau hewan.

Hal ini dikarenakan jika hewan peliharaan Anda memakan daun atau bunga krisan, mereka juga berpotensi mengalami gangguan pencernaan.

Sirih gading

Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green.
Sirih gading adalah tanaman hias yang sangat mudah dijumpai di rumah. Tanaman ini memiliki daun yang indah, sehingga tak jarang banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu koleksi.

Tetapi, jangan pernah coba-coba mendekatkan sirih gading ke hewan peliharaan Anda karena bisa membuat mereka sulit bernapas dan menelan.

Lily

Ilustrasi bunga lily oriental. PIXABAY/SHIRLEY810 Ilustrasi bunga lily oriental.
Sama seperti bunga krisan yang sering dikoleksi karena bentuk indahnya, bunga Lily juga sering dijumpai di halaman pecinta tanaman.

Namun sayangnya, bunga Lily adalah racun untuk kucing. Sifat ini berlaku untuk banyak jenis bunga lily, seperti peace, easter, daylily, Japanese dan Asiatic lilies.

Hortensia

Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.UNSPLASH / Connor Moyle Ilustrasi bunga - Bunga Hortensia atau bunga Hydrangea.
Hortensia memiliki bunga yang indah dan berwarna-warni. Namun, rupanya tanaman ini bisa membuat hewan menjadi lesu jika terkonsumsi.

Kandungan yang membuat hewan peliharaan Anda lesu tidak hanya ada di bunganya saja, tetapi juga pada daunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com