Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monaco, Kota dengan Harga Rumah Mewah Termahal di Dunia

Kompas.com - 07/03/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga rumah kian meningkat seiring berjalannya waktu. Di pusat kota Jakarta saja, atau Sudirman Central Business District (SCBD) sudah menyentuh angka sekitar Rp 80 juta hingga Rp 100 juta per meter persegi.

Bagaimana dengan kota-kota internasional lainnya?

Ternyata, harga rumah mewah di Monaco merupakan yang termahal di dunia. Kok bisa? Knight Frank membuktikan hal itu.

Konsultan yang berbasis di Inggris ini melaporkannya dalam The Wealth Report 2022. Jika Anda memiliki uang 1 juta Dollar AS atau ekuivalen Rp 14,4 miliar, bukan rumah yang didapat, melainkan hanya ruang sempit berukuran 14,6 meter persegi.

Baca juga: Populasi Orang Terkaya Indonesia Naik 1 Persen Selama Pandemi

Ini artinya, harga per meter persegi bangunan di kota yang menjadi destinasi kalangan jetset berlibur ini nyaris Rp 1 miliar atau tepatnya Rp 960 juta.

Dengan demikian, untuk apartemen mewah seluas 100 meter persegi di Monaco, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 96 miliar. 

Sedangkan untuk membeli rumah mewah seluas 510 meter persegi, kocek yang harus Anda miliki minimal 34 juta Dollar AS (Rp 489,8 miliar).

Harga rumah termahal berikutnya berada di Asia tepatnya di Hongkong, dengan anggaran yang sama, Anda akan mendapatkan ruang seluas 21,3 meter persegi.

Harga yang tinggi juga terjadi di negara tetangga kita, Singapura. Dengan Rp 14 miliar, Anda hanya akan mendapat apartemen studio seluas 35,4 meter persegi.

Ini berarti harga rumah di Singapura tak jauh berbeda dengan rumah di New York, dengan bujet serupa, Anda hanya bisa membeli unit apartemen 33,33 meter persegi.

Sementara itu, di kawasan Eropa, Paris, dengan Rp 14 miliar, Anda cukup dapat menghuni apartemen seluas 42 meter persegi, Berlin 73 meter persegi, dan Madrid 106 meter persegi.

Adapun Beijing menawarkan harga rumah mewah paling murah sebesar 7,6 juta Dollar AS (Rp 109,5 miliar) untuk rumah berukuran 424 meter persegi, atau Rp 258 juta per meter persegi.

Di Singapura harga sebuah rumah mewah bisa dibeli dengan harga 7,3 juta Dollar AS (Rp 105,1 miliar), dengan perkiraan luas mencapai 243,3 meter persegi.

Los Angeles dan Sydney menjadi kota yang masuk daftar lima besar harga rumah mewah termahal di dunia dengan harga jual mulai 6,3 juta Dollar AS (Rp 90,7 miliar).

Mumbai merupakan kota yang berada di urutan paling bawah dari 20 kota yang disurvei.

Harga sebuah rumah mewah bisa didapatkan dengan biaya 410.000 Dolar AS (Rp 5,9 miliar), dengan kira-kira kisaran luasnya mencapai 637 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com