Kompas.com - 18/01/2022, 16:30 WIB
Desain final istana negara IKN Baru Instagram/Nyoman_NuartaDesain final istana negara IKN Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah semakin serius mewujudkan wacana pemindahan ibu kota negara (IKN) Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) yang dilaksanakan Semester I-2024.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah merestui IKN baru di Kaltim bernama "Nusantara".

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," kata Suharso.

Pada hari yang sama, Jokowi juga menyampaikan arahannya dalam Dies Natalis Universitas Parahyangan (Unpar) ke-67 bahwa pemindahan IKN ke Kaltim merupakan bagian dari transformasi besar-besaran.

"Bahwa ibu kota baru kita ini bagian dari transformasi besar-besaran yang ingin kita lakukan tersebut," ujar Jokowi.

Baca juga: Soal Pemindahan IKN, Jokowi: Ini Bagian dari Transformasi Besar-besaran

Jokowi melanjutkan, pembangunannya tidak semata-mata memindahkan fisik kantor-kantor Pemerintah, melainkan membangun IKN yang smart (cerdas).

Selain itu, juga menciptakan IKN yang kompetitif di tingkat global, membangun lokomotif baru untuk transformasi menuju Indonesia berbasis inovasi dan teknologi.

Namun demikian, Jurnalis Senior Farid Gaban mempertanyakan urgensi pemindahan IKN baru ke Kaltim dalam akun Twitternya @faridgaban

"Pertanyaan terpenting ttg ibukota baru bukanlah apa namanya dan apakah desain istananya bagus/buruk. Tapi, apakah ibukota baru itu pertu? Dan jika perlu, apakah hrs sekarang?," cuit dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.