57 Bendungan Selesai Dibangun hingga Akhir 2024

Kompas.com - 14/01/2022, 15:30 WIB
suasana KOMPAS.COM/IDHAM KHALIDsuasana

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, sebanyak 57 bendungan akan diselesaikan pembangunannya hingga akhir tahun 2024.

"Insya Allah nanti, pada akhir 2024, total bendungan yang akan diselesaikan adalah 57 bendungan di seluruh tanah air Indonesia," tegas Jokowi dalam peresmian Bendungan Bintang Bano, Jumat (14/1/2022).

Salah satu bendungan yang baru saja diresmikan oleh Jokowi adalah Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bintang Bano merupakan bendungan ke-29 yang diresmikan olehnya sejak tahun 2015.

"Bendungan Bintang Bano ini adalah bendungan ke-29 yang telah kita resmikan sejak tahun 2015 yang lalu," jelas Jokowi.

Jokowi mengungkapkan, pembangunan bendungan dilakukan untuk menciptakan ketahanan, kemandirian, serta kedaulatan pangan.

"Ini bisa terjadi jika di seluruh provinsi ada air, kuncinya ada air. Air itu ada kalau kita memiliki bendungan sebanyak-banyaknya," ujar dia.

Baca juga: Jokowi Resmikan Bintang Bano, Bendungan ke-29 yang Dibangun Masa Pemerintahannya

Konstruksi Bendungan Bintang Bano yang dibangun sejak tahun 2015 dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,44 triliun sudah dapat difungsikan.

Bintang Bano merupakan satu dari enam bendungan yang dibangun Pemerintah di NTB. Sebelumnya, sudah ada dua yang telah diresmikan yakni, Bendungan Tanju dan Mila.

"Kita harapkan bendungan ini akan mendukung ketersediaan air di Sumbawa Barat, ketahanan pangan di Provinsi NTB, dan juga bisa memenuhi kebutuhan air baku, khususnya di wilayah-wilayah kering di Provinsi NTB," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, Bintang Bano memiliki kapasitas tampung yang sangat besar yakni 76 juta meter kubik dengan luas genangan 256 hektar, serta mampu mengairi sawah 6.700 hektar.

"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan Bintang Bano di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi NTB, pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan," terang dia.

Sekedar informasi, pembangunan Bendungan Bintang Bano dilaksanakan oleh kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero)-PT Hutama Karya (Persero), serta PT Bahagia Bangun Nusa dengan skema kerja sama operasi (KSO).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.