Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urusan Toilet Publik, Jepang Ahlinya

Kompas.com - 30/11/2021, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Firma arsitek milik Kengo Kuma menghadirkan kembali karya uniknya di prefektur Shizuoka, Jepang. Lokasi ini merupakan tempat gunung tertinggi di Negeri Sakura, Gunung Fuji.

Bangunan yang dirancang oleh Kengo Kuma Associate ini berada tepat di Taman Tenbou, yang berada di tengah Jalur Pendakian Kintaro Fujimi yang terkenal.

Di dalam taman Tenbou, Anda dapat menemukan sebuah paviliun dan kamar kecil, dengan latar belakang pemandangan Gunung Fuji yang indah menjulang tinggi.

Baca juga: Canggih, Toilet Umum di Jepang Ini Dioperasikan dengan Suara

Karya ini diberi julukan "Oat Hill Park” atau yang bila diterjemahkan secara harafiah berarti “Sumpah Bukit Taman".

Sebagai salah satu tujuan pendakian utama, fasilitas di Shizuoka dilengkapi dengan sumber air panas, air terjun, dan hutan di kaki bukit yang mengelilingi gunung.

Didukung oleh keindahan alam di sekitarnya, tim desain Kengo Kuma menghadirkan toilet umum dan rest area bagi para pendaki dan orang-orang yang ingin berkemah di sekitarnya.

Kedua banguanan ini memiliki atap yang unik, dengan bentuk menyerupai pegunungan kecil dan diselimuti membran putih tembus pandang, mengingatkan orang pada puncak Gunung Fuji yang tertutup salju.

Pada bangunan rest area, sang arsitek juga memanfaatkan kumpulan balok kayu yang disusun melingkar, sehingga bila dilihat dari kejauhan struktur bangunanya mirip dengan payung raksasa.

Sementara itu, area toilet dibangun menggunakan material kayu dan baja sehingga bangunan tampak kokoh.

Bagian atap masih menggunakan lapisan membran di mana bisa menyerap cahaya dari luar dan memberikan kesan hangat.

Seluruh kayu yang digunakan dalam proyek ini telah dilapisi dengan dengan lapisan fluorinated agar tahan di segala cuaca .

Jika malam tiba, akan tampak struktur kayu siluet terlebih bila diterangi cahaya bulan.

Fasilitas toilet publik ini hanya satu dari sekian banyak yang sudah dibangun untuk memanjakan warga dan para turis.

Sebelumnya, Jepang juga sukses membangun toilet berukuran setengah lingkaran di Nanago Dori Park, Shibuya Tokyo.

Toilet berwarna putih dan berteknologi tinggi ini bernama Hi Toilet dan dirancang oleh desainer asal Jepang Kazoo Sato dan bekerja sama dengan studio arsitektur TBWA\Hakuhodo Disruption Lab.

Dilansir dari Tbwa Hakuhodo, Hi Toilet dapat dioperasikan menggunakan perintah suara untuk mengontrol setiap fungsi di toilet mulai dari pintu, toilet flush, keran dan musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com