Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Bakal Sulap Anjungan Minyak Jadi Taman Hiburan

Kompas.com - 02/11/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman hiburan biasanya berlokasi di daratan atau di tepi pantai. Namun pemerintah Arab Saudi malah ingin membuat taman hiburan di tengah laut.

Seperti dikutip dari The Insider, bila selesai dibangun maka destinasi wisata yang dinamakan ‘The Rig’ ini akan menjadi destinasi wisata lepas pantai pertama di dunia.

Tujuan dari pemerintah Arab Saudi membangun konsep wisata ini adalah salah satu upaya untuk diversifikasi ekonomi dari pengeboran minyak.

The Rig akan menjadi taman yang memiliki area seluas lebih dari 150.000 meter persegi dan berada di atas anjungan minyak di Teluk Arab.

Baca juga: Desert Rock, Proyek Ambisius di Tengah Gunung Batu Arab Saudi

Didanai oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi, The Rig akan menjadi tuan rumah bagi beragam olahraga ekstrim dan untuk mereka yang senang melakukan aktivitas petualangan.

Di tempat wisata tesebut juga akan ada wahana roller coaster, bungee jumping, dan skydiving.

Kemudian akan didirikan tiga buah hotel yang memiliki lebih dari 800 kamar dan 11 restoran, di mana salah satunya menawarkan sensasi makan di bawah laut.

Dicap sebagai wahana wisata lepas pantai terbesar di dunia, pemerintah setempat mengatakan The Rig adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan ekonomi lokal dan mendukung upaya Arab Saudi untuk menjadi tujuan wisata global terkemuka.

Arab Saudi punya kerangka strategis yang dikenal dengan Saudi Vision 2030, yang merupakan bagian dari upaya mengurangi ketergantungan ekonomi Arab Saudi pada penjualan minyak.

Minyak saat ini mengkompromikan 30 hingga 40 persen dari PDB riil Arab Saudi. Namun ada rencana untuk membuat sumber pemasukan baru dengan mengembangkan sektor layanan publik, termasuk pariwisata.

Skema pemerintah untuk mengembangkan taman hiburan, seperti halnya upaya pemerintah untuk membangun puluhan hotel dan 1.300 unit perumahan di sepanjang pantai Laut Merah.

Meskipun demikian, sampai saat ini belum diketahui kapan konstruksi The Rig akan dikerjakan dan kapan target penyelesainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com