Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpanjang Umur TPA, Kementerian PUPR Terapkan Sistem Sanitary Landfill

Kompas.com - 27/10/2021, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) di suatu daerah sangat penting demi mengurai permasalahan soal sampah.

Sayangnya pengelolaan dengan cara konvensional atau ditimbun saja dapat membuat TPA menjadi lebih cepat penuh.

Salah satu cara yang digunakan untuk memperpanjang usia TPA juga sekaligus meminimalkan dampak pencemaran, adalah dengan menerapkan sistem sanitary landfill.

Saat ini, Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya sedang menyelesaikan pembangunan TPA sampah dengan sistem sanitary landfill di Kabupaten Blora.

Baca juga: Dalam Sehari, TPA Banjarbakula Tampung 240 Ton Sampah

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Wilayah I BPPW Jawa Tengah Ditjen Cipta Karya Dwi Atma Singgih Raharja Sabar menyampaikan Kabupaten Blora baru memiliki satu TPA sampah dengan sistem operasi controlled lanfill dan daur ulang cell.

“Dengan rata-rata sampah masuk 70 meter kubik per hari, slokasi zona penimbunan sampah hampir penuh. Untuk itu Kementerian PUPR mendukung pembangunan zona landfill baru guna memperpanjang umur pakai TPA," kata Singgih Raharja di TPA Sampah Blora, Kamis (21/10/2021).

Pembangunan zona landfill baru memanfaatkan lahan yang tersisa dari total luas TPA 4 hektare dengan luas efektif terpakai 3 hektar.

Selain pembangunan zona landfill, Kementerian PUPR juga membangun kantor pengelola, kolam IPL, jembatan timbang, jalan operasi, drainase kawasan, garasi dan hanggar alat berat.

Pengembangan zona landfill TPA sampah mulai dikerjakan pada April 2021 dengan progres 65,19 persen dan ditargetkan selesai Desember 2021.

Pembangunannya menggunakan anggaran APBN murni tahun 2021 sebesar Rp 12,9 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Ardi Tekindo Perkasa.

Baca juga: Kado Spesial untuk Indonesia, Tiga TPA Sampah Selesai Dibangun

Kabupaten Blora memiliki 16 kecamatan dengan dua kecamatan besar yang menghasilkan sampah rumah tangga dengan jumlah banyak, seperti Kecamatan Cepu dan Blora kota.

Dukungan pengembangan zona landfill TPA sampah di Jalan Kartini, Temurejo ini diharapkan dapat memperpanjang usia pakai TPA sekitar 5 tahun, sehingga ada waktu untuk mempersiapkan pengganti TPA lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com