Kompas.com - 19/10/2021, 10:00 WIB
Konstruksi Bendungan Karalloe telah rampung dan tinggal menunggu peresmian Dok. Kementerian PUPRKonstruksi Bendungan Karalloe telah rampung dan tinggal menunggu peresmian

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi masyarakat Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan bakal menuai manfaat dari kehadiran Bendungan Karalloe.

Melansir unggahan Twitter Kementerian PUPR, Senin (18/10/2021), Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Karalloe untuk meningkatkan jumlah tampungan air di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bendungan dengan kapasitas 40,53 juta meter kubik ini telah dilakukan pengisian air sebanyak 50 persen. Sehingga nantinya bisa menjaga kontinuitas suplai air irigasi ke lahan pertanian seluas 7.004 hektar.

Baca juga: Diresmikan Desember 2021, Bendungan Pidekso Tengah Diisi Air

Bendungan Karalloe memiliki luas genangan 248,50 hektar dengan maanfaat sumber air baku 0,40 meter kubik/detik, pembangkit listrik 4,5 MW, dan pengendali banjir sebesar 49 meter kubik/detik.

Selain berfungai sebagai konservasi air, Bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih.

Bendungan ini memang salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang diproyeksikan selesai 2021.

Tampilan Bendungan Karalloe di Sulawesi SelatanDok. Kementerian PUPR Tampilan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan
Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah menyampaikan bahwa ada sebanyak 17 bendungan yang akan selesai pada 2021.

"Tahun 2021 ini, telah dan akan diselesaikan 17 bendungan," kata Presiden dalam siaran pers virtual peresmian Bendungan Bendo pada 7 September 2021 lalu.

Dengan demikian, masih ada sembilan bendungan yang akan diresmikan hingga akhir 2021. Salah satunya Bendungan Karalloe di Sulsel pada Oktober.

Menurut Presiden, dengan dibangunnya belasan bendungan itu artinya ke depan produktivitas di bidang pertanian akan mengalami pertambahan pasokan air.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.