Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rest Area Jalan Tol Bisa Dikembangkan Jadi Obyek Wisata Lokal

Kompas.com - 19/10/2021, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR mengharapkan agar rest area jalan tol bisa dikembangkan sebagai objek wisata lokal di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Menteri PUPR Bidang Lingkungan Sudirman seiring kegiatan penilaian kualitas layanan di seluruh ruas jalan tol mulai pada 12 Oktober hingga 21 November 2021.

Penilaian jalan tol 2021 dilakukan terhadap 44 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), 63 ruas jalan tol, dan 123 rest area yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

"Ada tiga aspek penilaian jalan tol berkelanjutan yaitu fungsi utama jalan tol, fungsi pendukung di rest area, serta fungsi pelengkap di rest area," kata Sudirman dalam keterangannya, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Ada Berapa Gerai UMKM di Rest Area Jalan Tol? Berikut Rinciannya

Sudirman menuturkan nantinya jalan tol dan rest area diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk pengembangan wilayah di sekitarnya.

Salah satunya dengan mengutamakan ketersediaan ruang usaha untuk para pemilik UMKM di rest area.

Sebab, ketersediaan UMKM di rest area dapat meningkatkan promosi brand produk lokal kepada pengguna jalan tol, sehingga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

"Melalui branding produk dan budaya lokal serta dilengkapi dengan peningkatan estetika lingkungan, diharapkan dalam lima tahun ke depan setiap ruas tol dan rest area memiliki karakteristik yang khas sehingga dapat difungsikan juga sebagai objek wisata lokal," tuturnya.

Melansir laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), persentase tenant UMKM dan non-UMKM yang berada di rest area jalan tol seluruh Indonesia saat ini yakni sebanyak 76 persen UMKM dan 24 persen non-UMKM.

Baca juga: 63 Ruas Tol dan 123 Rest Area Resmi Dinilai hingga 21 November

Khusus untuk UMKM, secara keseluruhan yang sudah mendirikan gerainya di seluruh rest area di Indonesia sebanyak 1.409 unit.

Meliputi wilayah Banten ada 143 UMKM di rest area Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong, dan Jalan Tol Tangerang-Merak.

Selanjutnya wilayah Jawa Barat sebanyak 419 UMKM di rest area Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cikampek- Palimanan, Jalan Tol Cikampek-Padalarang, Jalan Tol Padalarang-Cileunyi, dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Kemudian wilayah Jawa Tengah ada 266 UMKM di rest area Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Semarang-Batang, Jalan Tol Semarang ABC, Jalan Tol Semarang-Solo, dan Jalan Tol Solo-Ngawi.

Lalu wilayah Jawa Timur ada 63 UMKM di rest area Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gempol, dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.

Selain itu, wilayah Sumatera sebanyak 514 UMKM di rest area Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Kayuagung.

Serta wilayah Kalimantan Timur terdapat 4 UMKM di rest area Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com