Kompas.com - 24/08/2021, 15:44 WIB
Presiden Joko Widodo menekan sirine sebagai tanda peresmian ruas Tol Balikpapan-Samarinda sesi Balikpapan-Samboja di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan, Selasa (24/8/2021). Dok. Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo menekan sirine sebagai tanda peresmian ruas Tol Balikpapan-Samarinda sesi Balikpapan-Samboja di Gerbang Tol Manggar, Kota Balikpapan, Selasa (24/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13), Selasa (23/8/2021).

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, sore hari ini saya resmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan Seksi 5," tegas Jokowi dalam pidatonya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan sirene dan penandatanganan prasasti oleh Jokowi.

Dalam meresmikan tol tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dan lain-lain. 

Jokowi mengatakan, peresmian ini merupakan momentum bersejarah karena Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan.

Menurutnya, capaian ini perlu disyukuri karena pembangunan infrastruktur tersebut tidak hanya terpusat di Pulau Jawa atau Sumatera, tetapi merata ke pulau lainnya.

Dia berharap, kehadiran jalan tol dapat menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan perbaikan jaringan logistik menjadi lebih efisien dan cepat.

Baca juga: Setelah Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang, Jokowi Akan Resmikan Tol Pertama di Kalimantan

Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan daya saing Tanah Air melalui komoditas yang diproduksi di Provinsi Kaltim sekaligus melancarkan akses logistik.

Jalan tol ini merupakan jalan bebas hambatan berbayar pertama di Kalimantan yang terbagi menjadi lima seksi.

Lima seksi tersebut adalah Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja, Seksi 2 Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer, dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,30 kilometer.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.