Kompas.com - 14/08/2021, 12:00 WIB
Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman memimpin rapat revitalisasi PJU dengan skema KPBU di kantor wali kota, Jumat (13/8/2021) Dok: Dinas Kominfo Kota MedanWakil Wali Kota Medan Aulia Rachman memimpin rapat revitalisasi PJU dengan skema KPBU di kantor wali kota, Jumat (13/8/2021)

MEDAN, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Medan ingin kota ini terang benderang. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah mengganti lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan Light Emitting Diode (LED).

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman mengatakannya saat memimpin rapat revitalisasi PJU dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di kantor wali kota.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rapat dihadiri Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Muhammad Husni, Kepala Beppeda Benny Iskandar, Plt Kepala Dinas Kominfo Mansursyah dan CEO PT Mitratech Indonesia, Anindito Nur Rahmandana.

Baca juga: Bekas Hotel Bintang 4 di Medan, Jadi Tempat Isolasi Pasien OTG

Aulia mau, proyek berjalan sukses dalam waktu singkat. Alasannya, dengan perubahan sistem penerangan ditambah perbaikan infrastruktur, akan terlihat perubahan suatu kota.

"Kita ingin proses KPBU ini berjalan baik tanpa melanggar aturan, sesuai target yang telah kita tetapkan agar ada perubahan yang baik di Kota Medan," kata Aulia dikutip dari rilis berita Diskominfo Medan yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Kepada calon mitra, Aulia berpesan agar menanamkan sistem Teknologi Informasi (TI) supaya PJU nantinya bisa dikontrol dari jarak jauh, bila terjadi kerusakan dapat cepat diperbaiki.

"Karena itu, lakukan kajian secara mendalam," ucapnya.

Muhammad Husni menjelaskan, rencana revitalisasi yang dilakukan KPBU merupakan hal penting.

Pasalnya, Pemkot Medan akan membutuhkan waktu lima hingga enam tahun untuk mengganti PJU menjadi LED.

"Makanya kita menggunakan konsep KPBU supaya lebih cepat. Harapannya Kota Medan menjadi pelopor smart city," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.