Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2021, 11:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan, penyekatan di Jalan Tol Bakauheni-Terbangggi Besar (Bakter) resmi ditiadakan atau dilakukan pencabutan.

Penyekatan tersebut dilakukan demi mendukung kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan PPKM Level 4 oleh Pemerintah sejak 7 Juli 2021.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan, pencabutan penyekatan tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah dan pihak Kepolisian selaku pelaksana kegiatan penyekatan.

“Pada dasarnya, kami mengikuti arahan dari para regulator. Karena, untuk pelaksanaan di lapangannya lebih banyak melibatkan pihak kepolisian,” terang Aries dalam keterangan tertulis, Kamis (05/08/2021).

Aries menegaskan, hanya tol Bakter yang dilakukan pencabutan atau peniadaan penyekatan, di luar jalan tol tersebut seperti Tol Medan-Binjai (Mebi) dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) masih tetap dilaksanakan sampai saat ini.

“Untuk di Gerbang Tol (GT) Binjai, GT Simpang Pematang, dan GT Kayu Agung masih kami lakukan penyekatan dan belum ada arahan untuk pencabutan," tambah Aries.

Baca juga: Ini Empat Titik Penyekatan di Jalan Tol Trans-Sumatera

Sehingga, pengguna jalan yang ingin melintas di Tol Mebi dan Terpeka diharapkan dapat memperhatikan protokol kesehatan dan menyiapkan dokumen persyaratan perjalanan.

Misalnya, sertifikat vaksin, surat tes polymerase chain reaction (PCR)/Antigen dengan hasil yang menunjukan keterangan negatif dari virus Covid-19, serta Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) agar dapat lolos dari penyekatan.

Dalam rangka menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan pengemudi mengantuk atau kerusakan kendaraan di ruas tol yang dikelola, Hutama Karya kembali melaksanakan kegiatan operasi mengantuk/microsleep di Tol Terpeka, Selasa (25/07/2021).

Dalam operasi microsleep ini, pengemudi yang melintas diperiksa kondisi fisik serta kondisi kendaraannya secara gratis di pos kesehatan dan bengkel yang berada di Rest Area KM 306.

Selain itu, pengemudi juga diberikan makanan serta kopi gratis dan diminta untuk beristirahat terlebih dahulu apabila didapati memiliki kondisi fisik yang kurang fit.

Setelah diadakan evaluasi selama 6 bulan terakhir, perseroan mencatat penurunan kecelakaan hingga 50 persen di Tol Terpeka.

"Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol," tutup dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com