RS Darurat Covid Asrama Haji Donohudan Siap Beroperasi 2 Agustus

Kompas.com - 28/07/2021, 10:00 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, telah siap menampung pasien Covid-19 dan akan beroperasi mulai 2 Agustus 2021.

"Mudah-mudahan 31 Juli 2021 sudah selesai semua dan alat kesehatan (Alkes) masuk, sehingga 2 Agustus 2021 besok sudah bisa dioperasikan," kata Menteri Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Senin Ini, Enam RS Darurat di Bali dan Yogyakarta Resmi Beroperasi

Asrama Haji Donohudan dialihfungsikan menjadi rumah sakit darurat untuk menampung pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang bagi masyarakat Solo Raya, termasuk Solo, Boyolali, Sragen, dan Klaten.

Kementerian PUPR sedang menyiapkan Gedung Madinah Asrama Haji Donohudan untuk fasilitas isolasi dan treatment pasien Covid-19 berkapasitas 352 tempat tidur (TT) yang terdiri dari 344 TT perawatan dan 8 TT high care unit (HCU) dengan melibatkan sebanyak 128 pekerja.

Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa TengahKementerian PUPR Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
Basuki menilai, berdasarkan hasil evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) Level 4, kasus Covid-19 di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya serta Solo Raya masih cukup tinggi.

Karenanya, dibutuhkan banyak ketersediaan tempat untuk melakukan isolasi mandiri pasien Covid-19.

Renovasi Asrama Haji Donohudan dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dengan menyiapkan Gedung Madinah berkapasitas 352 tempat tidur (TT) terdiri dari 344 TT perawatan dan 8 TT high care unit (HCU).

Sebagai kontraktor pelaksana, ditunjuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk-Building Division dengan anggaran sebesar Rp 30 miliar dan saat ini progres konstruksinya telah mencapai 40 persen.

Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa TengahKementerian PUPR Rumah Sakit Darurat Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
Asrama Haji Donohudan berlokasi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Fasilitas di dalamnya berupa HCU, poliklinik, nurse station, ruang screening, laboratorium, ruang isolasi VIP, ruang isolasi blok A-E, ruang petugas, ruang dokter dan perawat, ruang logistik, rekam medik, xray mobile, transit jenazah, area penerimaan makanan, dan petugas in-out.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.