Insentif PPN DTP Diperpanjang, REI: Pertumbuhan Penjualan Properti Bisa 20 Persen

Kompas.com - 23/06/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi KPR SHUTTERSTOCKIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperpanjang masa berlaku insentif fiskal atau perpajakan bagi wajib pajak terdampak Covid-19.

Salah satunya di sektor properti berupa relaksasi perpanjangan Pajak Pertambahan Nilai yang Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) hingga akhir tahun 2021.

Dalam insentif tersebut, Pemerintah memberi keringanan PPN DTP 100 persen atas penyerahan rumah tapak atau rusun baru dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar, serta 50 persen untuk penyerahan rumah tapak dan rusun dengan harga jual di atas Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.

"Pemerintah memutuskan beberapa fasilitas pajak, beberapa insentif pajak akan diperpanjang sehingga berlaku sampai dengan akhir tahun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (21/06/2021).

Baca juga: Ada Insentif PPN dan DP 0 Persen, Apakah Sekarang Waktunya Beli Rumah?

Menanggapi hal itu, Ketua Umum DPP Real Estat Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengapresiasi kebijakan pemerintah.

Menurutnya perpanjangan insentif PPN DTP ini dapat mendorong semakin tingginya pertumbuhan penjualan properti di tanah air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tentu sangat berterima kasih, sangat bagus orang kita yang minta kok adanya perpanjangan ini sampai akhir tahun, kenapa harus sampai akhir tahun, karena menyangkut tahun anggaran jadi sesuai permintaan kami," kata Totok saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/06/2021).

Totok menjelaskan alasan mesti diperpanjangnya insentif di sektor properti, menurutnya saat ini kuota stok rumah yang tersedia sudah mulai habis.

Akibatnya, penjualan properti baik untuk rumah tapak dan rumah susun subsidi ataupun non-subsidi menurun drastis.

"Saat ini stok rumah yang tersedia itu habis, sementara yang sedang bangun itu kan kalau tidak diperpanjang insentifnya ya mereka tidak dapat insentif makanya perlu diperpanjang," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X