Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cargill Bangun Sumur Bor dan Tower Air untuk Warga Manyar Sidorukun

Kompas.com - 11/06/2021, 05:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Kesulitan dalam mengakses fasilitas air bersih yang selama ini dialami owarga Manyar Sidorukun di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, membuat PT Cargill Indonesia tergugah untuk memberikan bantuan berupa sumur bor dan tower air bersih.

Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Adi Suprayitno mengharapkan, bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh warga Manyar Sidorukun dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Sumur bor dan tower air ini memiliki kapasitas debit air 2 liter per detik dengan kemampuan produksi 200 sambungan rumah.

Ini artinya, produksi air tersebut bisa dinikmati sebanyak 700 jiwa untuk aktivitas Mandi Cuci Kakus (MCK) dan kegiatan lainnya.

Baca juga: Satu Lagi Tengara Berdiri di Gresik Bernama Gardu Suling

"Pendistribusian, pengaturan dan perawatan sumur bor dan tower air tersebut, ke depannya akan dikelola langsung secara mandiri oleh organisasi pengelola sumber air di Desa Manyar Sidorukun," ujar Adi kepada awak media, Kamis (10/6/2021).

Pembangunan sumur bor dan tower air merupakan bentuk kepedulian perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar.

PT Cargill Indonesia yang bergerak di bidang pangan mempunyai komitmen dan tujuan untuk menyediakan gizi masyarakat secara aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan Sustainable Development Goal's (SDG's).

Kepala Desa Manyar Sidorukun Su'udin menambahkan, wilayah desa yang dipimpinnya memang memiliki lokasi yang berdekatan dengan pinggir lautan sehingga air cenderung asin.

Meskipun ada layanan saluran PDAM, namun aliran air tidak begitu lancar dan kerap mati.

"Tentu saja dengan ini, kami sangat terbantu dalam pemenuhan air bersih," kata Su'udin.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com