Selama Larangan Mudik, Penumpang Kereta Api Jarak Jauh 1.000 Orang Per Hari

Kompas.com - 17/05/2021, 14:30 WIB
KAI KAIKAI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta mencatat rata-rata penumpang dengan pengecualian yang berangkat pada periode 6 Mei hingga 17 Mei 2021 sebanyak 500 sampai 1.000 penumpang per hari.

Total penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) tersebut berasal dari dua stasiun yaitu Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.

"Jumlah tersebut hanya sekitar 30 persen dari rata-rata volume keberangkatan penumpang pada masa pandemi," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Senin (17/05/2021).

Baca juga: Senin, Hari Terakhir Larangan Mudik, Ini Syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh

Eva menuturkan pengoperasian KAJJ dari area Daop 1 Jakarta hingga kini masih dilakukan pembatasan.

Menurutnya, sesuai dengan ketetapan pemerintah terkait peniadaan mudik, KAJJ yang dioperasikan diperuntukan bagi para pelaku perjalanan dengan pengecualian atau kebutuhan khusus.

Pada periode peniadaan mudik tersebut, dari area Daop 1 Jakarta hanya mengoperasikan 7 KAJJ dengan 4 KA pemberangkatan dari Stasiun Gambir dan 3 KA dari Stasiun Pasar Senen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang berangkat menggunakan KAJJ pada periode peniadaan mudik adalah penumpang yang telah melalui proses verifikasi sesuai persyaratan yang telah ditetapkan," tutur Eva.

Eva juga mengatakan, untuk setiap KA yang berangkat tetap mengikuti aturan pembatasan volume maksimal 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Pada masa peniadaan mudik ada sejumlah kriteria penumpang yang dapat melakukan perjalanan non mudik atau dengan pengecualian sebagai berikut:

Berikut hal yang perlu diketahui masyarakat yang ingin menggunakan KAJJ hanya bagi pelaku perjalanan yang dikecualikan atau bersifat khusus untuk kepentingan non mudik:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X