Videonya Viral, Jalan Tol Ini Bisa Bernyanyi "Selamat Ulang Tahun"

Kompas.com - 11/05/2021, 20:00 WIB
Tarif Tol Ngawi-Kertosono 2021 naik lebih mahal dari tahun 2020. Kementerian PUPRTarif Tol Ngawi-Kertosono 2021 naik lebih mahal dari tahun 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, akun media sosial TikTok milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) @bumninfo mengunggah sebuah video yang memperlihatkan jalan tol mengeluarkan bunyi nyanyian.

Jalan bebas hambatan tersebut diketahui merupakan bagian dari jaringan Tol Trans-Jawa, yaitu ruas Ngawi-Kertosono-Kediri.

Disebut bisa bernyanyi karena ketika pengendara melewati jalan tol tersebut akan mengeluarkan nada.

Nada tersebut dihasilkan dari marka jalan berupa rumble strip yang dipasang oleh anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK).

Baca juga: Tekan Fatalitas Kecelakaan di Jalan Tol, Jasa Marga dan Basarnas Gelar Simulasi Evakuasi Udara

Rumble strip ini dipasang di dua lokasi yaitu, Km 616 dan Km 644+200 B.

Nada di Tol Ngawi-Kertosono-Kediri bisa didengar saat pengendara melewati lokasi tersebut dengan kecepatan 80-100 kilometer per jam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam video tersebut, JNK juga memasang tiga rambu sebagai pengingat bagi pengendara bahwa ada jalan bernada di ruas tol tersebut.

Tiga rambu ini dipasang di setiap 400 meter, 200 meter, hingga 50 meter sebelum dilewati.

Mengutip Instagram resmi PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), penggunaan rumble strip ini bertujuan demi menekan kecelakaan lalu lintas (lalin) di jalan tol.

"Jasa Marga berinovasi dengan menambahkan singing road, yakni marka jalan berupa speed trap dengan ketebalan tiga milimeter," tulis akun @official.jasamargatransjawatol, dikutip Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Halaman:


Sumber BPJT
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X