4 Pos Lintas Batas Terpadu di Kalimantan Utara Bakal Tuntas Tahun 2022

Kompas.com - 19/04/2021, 12:00 WIB
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Pancang, Kalimantan Utara. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sei Pancang, Kalimantan Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 4 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan tuntas Tahun 2022 mendatang.

Keempat PLBN tersebut adalah PLBN Terpadu Sei Pancang, PLBN Terpadu Long Midang, PLBN Terpadu Labang, serta PLBN Terpadu Long Nawang di Provinsi Kalimantan Utara

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan PLBN juga akan didorong menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Dengan demikian, kehadiran PLBN akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," tutur Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (19/04/2021).

Pembangunan PLBN Terpadu Sei Pancang telah dimulai sejak 24 Februari 2020 dan ditargetkan selesai 27 Desember 2022.

Hingga kini, progres pembangunan fisik PLBN Terpadu Sei Pancang telah mencapai 60,26 persen.

Baca juga: Patung Soekarno di PLBN Motamasin Jadi Obyek Swafoto Warga NTT

Pembangunan PLBN ini dikerjakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kalimantan Utara Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT PP (Persero) Tbk.

Dana pembangunan PLBN Terpadu Sei Pancang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 226,18 miliar melalui skema kontrak tahun jamak 2020-2022.

Area PLBN Sei Pancang memiliki luas lahan 68.169 meter persegi yang akan dibangun zona inti dan zona pendukung seperti bangunan utama setinggi 3 lantai seluas 5.613 meter persegi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X