Tak Dibiarkan Gundul, Bendungan Tukul Pacitan Ditanami 655 Pohon

Kompas.com - 11/04/2021, 16:00 WIB
Kementerian PUPR tanami ratusan bibit pohon di area seluas 2.496 hektar sekitaran Bendungan Tukul Pacitan PUPR Kementerian PUPR tanami ratusan bibit pohon di area seluas 2.496 hektar sekitaran Bendungan Tukul Pacitan

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) melakukan penanaman bibit pohon pada lahan area sabuk hijau (greenbelt) seluas 2.496 hektar di sekitar Bendungan Tukul Pacitan, Jawa Timur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hingga saat ini telah terdapat sebanyak 655 bibit pohon yang ditanam.

Bibit pohon yang ditanam itu secara khusus dipilih dengan pertimbangan tanaman yang dapat memperkuat infrastruktur dan bernilai ekonomis.

"Misalnya penghijauan, mulai dari pembibitan, kemudian penanaman hingga pemeliharaan diharapkan sekaligus membuka lapangan kerja baru," kata Basuki dalam keterangannya, Minggu (11/04/2021).

Baca juga: Teknologi Akuaponik Diterapkan di Sekitar Bendungan Pengendali Banjir Jakarta

Pohon yang ditanam harus memiliki kriteria yakni, pohon yang memperkuat infrastruktur dan bernilai ekonomis terutama dari buahnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri PUPR (Sampu) Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Soedhirman mengatakan, teknis penanaman pohon ini jiga telah diatur dengan memperhatikan kondisi lahan dan area infrastruktur bahkan hingga ke urusan pemeliharaan.

"Jadi untuk penanamannya sendiri telah diatur pula terutama dengan mempertimbangkan kondisi lahan dan area Infrastukturnya," ujar dia.

Bendungan Tukul yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Februari 2021 lalu, bermanfaat sebagai irigasi, air baku, dan pengendalian banjir dan pembangkit listrik.

Dengan demikian harus ditata dan memiliki kawasan sabuk hijau yang memadai melalui penanaman pohon yang disesuaikan dengan struktur tanah.

Pelaksanaan penanaman pohon ini dilakukan dengan melibatkan Ikatan Purnabhakti Kementerian Pekerjaan Umum (IPPU) dan kelompok masyarakat setempat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X