Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Rampung

Kompas.com - 07/03/2021, 11:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan masih terus berlangsung.

Jalan bebas hambatan berbayar ini ditargetkan rampung konstruksinya Maret 2022 mendatang untuk Seksi III Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 kilometer yang saat ini telah mencapai 42,58 persen.

Sementara Seksi I yang menghubungkan Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer, dan Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer ditargetkan tuntas Juni 2022.

Saat ini Seksi I dan II masih dalam tahap pembebasan lahan.

Baca juga: Beredar Kabar Tol Padang-Sicincin Disetop, Hutama Karya Angkat Suara

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakat (PUPR) Basuki Hadimulyono mengatakan kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat, mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Kehadiran jalan tol ini tentu saja dapat mengurangi biaya logistik, memperlancar aksesabilitas dan juga meningkatkan daya saing produk dalam negeri kita," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (07/03/2021).

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dirancang untuk menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

PT Jasamarga Jakarta Cikampek Selatan yang membentang sepanjang 62 kilometer dengan biaya Rp 8,8 triliun digarap oleh PT Jasamarga Jakarta Cikampek.

Pembangunannyaterbagi dalam tiga seksi yakni Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer, dan Seksi 3 Taman-Mekar Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun melalui pembiayaan APBN/APBD, BUMN, dan Swasta.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diterbitkan pada 17 November 2020.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki tujuh buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang.

Kehadirannya diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com