Jembatan Terusan Bojonegoro-Blora Bisa Dicontoh Daerah Lain

Kompas.com - 03/01/2021, 14:30 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Jembatan BTT di Bojonegoro Jawa Timur, Minggu (3/12/2021). Ardiansyah Fadli/Kompas.comMenteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan Jembatan BTT di Bojonegoro Jawa Timur, Minggu (3/12/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan pembangunan Jembatan Terusan Bojonegoro-Blora (TBB) di Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Minggu (03/01/2021).

Hadir pula dalam peresmian tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Sekertariat Negara (Mensetneg) Pratikno, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Bojonegoro Anna Muawanah.

Dalam sambutannya Basuki mengatakan, pembangunan Jembatan TBB ini harus menjadi contoh yang dapat diterapkan di daerah lain di Indonesia.

Pembangunan Jembatan TBB ini merupakan inisiatif gotong royong yang dilakukan antara Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Blora.

"Kami mengapresiasi pembangunan jembatan ini, terobosan Jembatan Terusan Bojonegoro-Blora ini, karena dibangun atas prakarsa dua kabupaten, Bojonegoro dan Blora," kata Basuki.

Baca juga: Hari Ini, Basuki Akan Resmikan Jembatan Luwihaji-Medalem

Basuki menjelaskan, konektivitas merupakan hal yang sangat penting dibangun terutama untuk mendorong kemajuan suatu daerah.

"Hanya dengan konektivitas seperti jembatan ini, kami percaya kawasan ini bisa menjadi kawasan yang tidak lagi terisolir dan bisa maju dengan sendirinya," imbuh Basuki.

Tanpa didukung konektivitas yang memadai, masyarakat tidak akan berkembang dan memiliki akses yang baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan Jembatan TBB ini akan menjadi penunjang pengembangan kawasan di Wilayah Bojonegoro terutama di Desa Luwihaji Kecamatan Ngraho.

Menurutnya, Desa Luwihaji yaitu lokasi tempat dibangunnya Jembatan ini merupakan salah satu daerah yang selama ini terpencil dan terisolasi sehingga akses ekonomi dan juga air bersih sangat sulit dijangkau.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X