Kompas.com - 17/12/2020, 14:06 WIB
Waskita karya Raih Penghargaan The World Infrastructure Awards 2020 di Kanada Waskita KaryaWaskita karya Raih Penghargaan The World Infrastructure Awards 2020 di Kanada

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mendapatkan peringkat BBB dari lembaga pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia atau PEFINDO untuk Obligasi Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) III dan IV.

Selain itu, PEFINDO juga menyematkan prospek atau outlook stabil kepada Waskita.

Senior Vice President Corporate Secretary Waskita Ratna Ningrum menyambut baik pemberian peringkat oleh PEFINDO atas obligasi PUB III dan IV dengan nilai masing-masing Rp 8,6 triliun dan Rp 4,95 triliun

Peringkat yang diberikan oleh PEFINDO merupakan peningkatan yang signifikan apabila dibandingkan peringkat yang diperoleh sebelumnya,” kata Ratna dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Waskita Tanda Tangani 2 Kontrak Proyek Sumber Daya Air di Banten

Ratna menambahkan, peringkat ini menunjukkan hasil dari langkah-langkah strategis yang diambil oleh manajemen dalam meningkatkan kemampuan keuangan Waskita.

Sementara itu, menurut PEFINDO, peringkat tersebut menandakan Waskita memiliki kemampuan yang memadai untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya.

Peringkat tersebut juga mencerminkan posisi Waskita yang kuat di industri konstruksi dalam negeri dan posisinya yang menguntungkan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Peringkat Waskita dapat kembali dinaikkan apabila dapat memperkuat leverage keuangan dan rasio utang secara berkelanjutan dengan didukung oleh backlog kontrak yang kuat.

Dalam rangka meningkatkan kemampuan leverage keuangan dan likuiditas itu pula, Waskita fokus pada penerapan beberapa program strategis yaitu pelepasan ruas jalan tol dan juga memperkuat pasar proyek pemerintah, BUMN, dan swasta.

Ratna menjelaskan, tahun ini Waskita sukses melepas 30 persen kepemilikan pada ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dengan nilai Rp 550 miliar.

Hingga tahun depan, Waskita berencana melepas sedikitnya 9 ruas tol dengan target nilai transaksi sekitar Rp 10 triliun sampai Rp 11 triliun.

Di sisi nilai kontrak, Waskita optimistis dapat mencapai target nilai kontrak baru sebesar Rp 26 triliun dengan tetap fokus pada proyek-proyek infrastruktur konektivitas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X