Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Gunakan Dana RDPT Rp 550 Miliar untuk Bangun Tol Becakayu

Kompas.com - 19/11/2020, 13:20 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road (WTR) berhasil mendapatkan pendanaan senilai Rp 550 miliar dari penjualan Reksa Dana Penyertaan Terbatas Ekuitas Danareksa (RDPT) Infrastruktur.

RDPT Infrastruktur ini dijual PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) kepada Reksadana.

Director of Business Development & Quality, Safety, Health & Environment PT Waskita
Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto mengatakan bahwa saham yang akan dialihkan dari KKDM sebesar 30 persen.

“Sebelumnya, kepemilikan saham WTR pada KKDM sebesar 99,7 persen. WTR lalu mengalihkan 30 persen sahamnya kepada Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dari total modal yang ditempatkan dan disetor penuh,” kata Fery dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Ekspansi ke Luar Negeri, Waskita Incar Kontrak Rp 71 Triliun

Sementara itu, Direktur Utama WTR Herwidiakto menurutkan bahwa dana sebesar Rp550 miliar nantinya akan digunakan untuk pembangunan dan pengembangan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) dan ruas tol WTR lainnya.

Mekanisme RDPT ini merupakan salah satu upaya untuk memperoleh penerimaan dana agar proses bisnis WTR dalam melakukan Asset Recycle dapat terlaksana.

Besarnya minat investor terhadap RDPT ekuitas ini menjadi bukti tingginya kepercayaan investor terhadap fundamental bisnis WTR di bidang infrastruktur khususnya jalan tol di Indonesia.

“Ke depan kami akan melakukan inovasi-inovasi dalam rangka percepatan penerimaan untuk penyelesaian proyek dan investasi infrastruktur jalan tol lainnya.” jelas Herwidiakto.

Setelah menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) pada Agustus dan Akta Jual Beli (AJB) pada 18 November 2020, yang merupakan bagian dari salah satu tahapan penerbitan RDPT sesuai dengan ketentuan, seluruh dokumen dan legalitas pun terpenuhi.

KKDM sendiri merupakan Badan Usaha Jalan Tol yang memegang konsesi ruas Tol Becakayu sepanjang 21,04 kilometer.

RDPT ini berbasis ekuitas dan dibentuk oleh Manajer Investasi yakni PT Danareksa Investment Management (DIM) dan sebagai Bank Kustodian yakni PT Bank Central Asia, Tbk (BCA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com