Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rumah Menteri di IKN Gunakan PLTS Atap

Hal ini bisa diketahui dari sejumlah foto rumah tapak menteri di IKN saat dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajarannya pada September 2023 ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Suprijanto mengungkapkan, sebagian besar energi yang dibutukan oleh rumah menteri pada jam sibuk pemakaian alat elektronik akan dipasok dari solar panel.

"Sebagian besar daya pada peak hour dipasok dari solar panel tersebut," ujar Iwan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

"Kami akan mempercepat proses pembangunan rumah jabatan menteri di IKN dan ditargetkan pertengahan tahun 2024 mendatang seluruh unit rumah telah terbangun dan siap huni," ujar Iwan dikutip dari keterangan resmi.

Selain dibereskannya pembangunan 32 rumah jabatan menteri, juga dilaksanakan penanaman pohon di lokasi persil 104 dan 105 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Apalagi, tahun depan rencananya Upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan di IKN.

Sehingga, pekerjaan kontruksi rumah tapak hingga fasilitas umum dan sosial harus  segera diselesaikan dengan baik.

Menilik data Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan, sebanyak 36 rumah jabatan menteri akan dibangun di persil 104 sebanyak 24 unit dan persil 105 sejumlah 12 unit lengkap dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menunjuk penyedia jasa PT Adhi Karya (Persero) Tbk bersama PT Ciriajasa Engineering Consultant dengan skema kerja sama operasi (KSO) untuk pelaksana pembangunan hunian tersebut.

Sedangkan paket manajemen kontruksi (MK) dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero)-PT Indah Karya (Persero)-PT Surya Perkasa Raya dengan skema KSO.

Pembangunan juga diupayakan untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan yang ada dan meminimalisasi adanya penebangan pohon, sehingga lingkungan tetap hijau.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/09/23/070000721/rumah-menteri-di-ikn-gunakan-plts-atap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke