Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bakal Dibangun 100 Unit, Rumah Tahan Gempa buat Pemulung dan Tukang Sapu Jalan di Prabumulih

Hal tersebut merupakan pilot project Program Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITA). Di mana saat ini sedang dalam tahap persiapan.

"Jadi nantinya pihak Pemda yang akan melakukan pendataan calon penerima bantuan rumah tersebut," jelasnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan pada Selasa (16/05/2023).

Dalam pelaksanaan Program RITA, pihak Pemerintah Kota prabumulih rencananya akan menyiapkan tanah seluas 2 hektar sebagai lokasi pembangunan sekitar 100 unit rumah tahan gempa.

"Sementara Kementerian PUPR menyiapkan site plan dan pembangunan rumah tahan gempa RISHA tipe 18 dengan luas kaveling 6x12 meter atau 72 meter persegi," terangnya.

Guna mendukung mata pencaharian masyarakat yang bekerja sebagai pemulung, Ditjen Perumahan juga akan bekerjasama dengan Ditjen Cipta Karya untuk mempersiapkan pemotong plastik.

"Sehingga plastik yang terkumpul bisa diolah menjadi biji plastik yang bisa dijual dengan harga yang bersaing," imbuhnya.

Menurut Fitrah Nur, Program RITA merupakan hasil kolaborasi dan dukungan dari berbagai sektor, baik pemerintah maupun swasta.

Misalnya untuk tanah, jaringan listrik, dan air disiapkan Pemda, penyediaan gas dari Pertamina, dan pembangunan jalan oleh pihak provinsi.

Kemudian anggaran pembangunan dan pengembangan pembiayaan perumahan didukung CSR perusahaan dan PT SMF.

"Kami berharap nantinya Program RITA ini bisa berjalan dengan lancar di lapangan dan diduplikasi oleh pemerintah daerah lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/05/16/160000521/bakal-dibangun-100-unit-rumah-tahan-gempa-buat-pemulung-dan-tukang-sapu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke