Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

September 2024, Ada Rute Baru LRT Jakarta Velodrome-Manggarai

Pasalnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melanjutkan pembangunannya dan ditargetkan selesai pada 2024 mendatang.

Terkait hal itu, Penjabat Gubernur (Pj) DKI Jakarta Heru Budi Hartono pun telah melakukan rapat koordinasi bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Selasa (07/02/2023).

Sementara itu, Menhub mengapresiasi pengembangan rute LRT Jakarta Velodrome-Manggarai, karena akan menambah penumpang mencapai 185.000 orang.

Apalagi Stasiun Manggarai sedang disiapkan untuk menjadi stasiun sentral yang menjadi pusat pertemuan KRL dari berbagai rute seperti, Bogor, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Sehingga dapat terintegrasi dengan angkutan massal lainnya seperti KRL Jabodetabek, Transjakarta, maupun kereta jarak jauh.

"Saya pikir ini suatu langkah yang strategis. Pemprov DKI sudah mengalokasikan dana dan ditargetkan selesai pada September 2024," pungkas Menhub Budi dikutip dari laman Kemenhub.

Perlu diketahui, LRT Jakarta Velodrome-Manggarai termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) sektor kereta.

Merupakan PSN lanjutan dari LRT Jakarta International Stadium-Kelapa Gading yang telah disesuaikan nomenklaturnya.

Sebagaimana termaktub pada Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar PSN.

Di dalamnya tertulis, LRT Jakarta International Stadium-Kelapa Gading dan Velodrome-Manggarai.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/08/090000321/september-2024-ada-rute-baru-lrt-jakarta-velodrome-manggarai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke