Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awal Tahun 2023, Jokowi Akhirnya Resmikan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Peresmian ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang juga didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan beberapa pihak terkait.

"Hari ini, saya resmikan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau," tegas Basuki dalam peresmian tol tersebut seperti dikutip dari akun YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang telah mengoperasikannya sejak Kamis (27/10/2022).

Eecutive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, selama beberapa minggu kedepan masyarakat Riau sudah dapat melintas di jalan tol ini secara gratis.

“Selama masa sosialisasi, pengguna jalan yang ingin melintas masih belum dikenakan tarif atau masih belum berbayar,” ungkap Dwi.

Dikatakan, beberapa hal yang perlu diedukasi seperti informasi mengenai aturan dan tata tertib berkendara di jalan tol.

Kemudian, cara penggunaan kartu uang elektronik di jalan tol, informasi call center yang harus dihubungi, serta imbauan berkendara dengan selamat.

Masa sosialisasi beroperasi tanpa tarif sendiri telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR selaku regulator.

Setelah masa sosialisasi selesai, tarif tol akan diberlakukan sesuai dengan yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1189/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pekanbaru–Bangkinang.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/04/180000021/awal-tahun-2023-jokowi-akhirnya-resmikan-tol-pekanbaru-bangkinang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke