Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

1.000 Pohon Kayu Putih Ditanam di Lahan Bekas Tambang Kawasan Bandara Pangkalpinang

Penanaman pohon yang diinisiasi pemerintah daerah dan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) bagian dari reklamasi lahan kritis.

"Aksi penanaman pohon ini saya apresiasi karena memulihkan kondisi lingkungan pascatambang, agar kembali hijau di darat, dan tetap biru di laut," kata Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin, seusai penanaman pohon, Minggu.

Menurut Ridwan, pemilihan lokasi di sekitar bandara tidak hanya untuk memulihkan kondisi lingkungan. Tapi juga bertujuan untuk memperindah bandara sebagai pintu gerbang daerah.

"Akan sedap dipandang mata ketika orang-orang mendarat atau datang ke Pulau Bangka ini," ujar Ridwan.

Ridwan menuturkan, dari peta yang telah disusun, ada sekitar 46.000 hektar lahan kritis milik pemerintah provinsi. Angka tersebut belum termasuk lahan kritis milik masyarakat lainnya.

Selain penanaman pohon, lahan kritis milik pemerintah provinsi bakal dijadikan lokasi budidaya udang vaname, tanaman porang, dan lainnya.

Tanaman kayu putih yang merupakan pohon dari jenis jambu-jambuan dipilih, karena lahan yang dianggap cocok dan bisa berfungsi sebagai bahan herbal minyak kayu putih.

Ke depan tanaman kayu putih bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber usaha dan percontohan budidaya yang bernilai ekonomis.

Sementara Ketua IA-ITB Bangka Belitung Wiyono mengatakan, penanaman pohon kayu putih bagian dari pengadaan Taman Ganesha.

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk bahwa IA-ITB telah meninggalkan jejak terbaik di Bangka Belitung," pungkas Yono.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/19/053000621/1.000-pohon-kayu-putih-ditanam-di-lahan-bekas-tambang-kawasan-bandara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke