Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

JTTS Sumbang 30 Persen Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera

Hal ini disampaikan Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro kepada Tim Merapah Trans-Sumatera di Jakarta, Senin (5/12/2022).

"Secara finansial, jalan tol tersebut masih belum memenuhi persyaratan. Tetapi, secara ekonomi itu sangat bagus bisa diatas 30 persen," ucap Koentjoro.

Menurut Koentjoro, dari situlah menunjukkan bahwa JTTS sangat bagus untuk pengembangan ekonomi di pulau tersebut.

Ini dapat dibuktikan dari saat sebelum Pandemi Covid-19 melanda di Indonesia, kemudian hingga sampai Pandemi Covid-19, serta masa sekarang, di titik-titik yang dilalui oleh JTTS terdapat peningkatan pemakaian listrik di industri.

"Kalau masyarakat, itu listrik rumah tangga, itu kenaikannya sudah signifikan. Nah, yang industri pemakaiannya itu bisa 4-5 persen pertumbuhannya, itu pada saat Pandemi (Covid-19) juga. Itu menunjukkan (tol) Trans-Sumatera mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya," ungkap Koentjoro.

Adapun pembangunan JTTS diinisiasi dari penugasan Pemerintah kepada Hutama Karya sejak tahun 2014.

Selanjutnya, diubah melalui Perpres Nomor 117 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 100 tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera.

Kini, perseroan telah membangun Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 1.066 kilometer. Rinciannya, ruas beroperasi secara penuh 547 kilometer. Sementara yang masih konstruksi 519 kilometer.

Adapun ruas JTTS yang beroperasi penuh yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140 kilometer.

Kemudian, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 kilometer, Tol Palembang-Indralaya (Palindra) 22 kilometer, dan Tol Medan-Binjai 17 kilometer.

Selanjutnya, Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2,3, dan 4 (Seulimeum-Jantho-Indrapuri-Blang Bintang) 36 kilometer, serta Tol Binjai-Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat 11,8 kilometer.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/07/083000321/jtts-sumbang-30-persen-pertumbuhan-ekonomi-di-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke