Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Jenis Kendaraan Diprediksi Lintasi Tol Kuala Tanjung-Parapat

Direktur PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) Dindin Solakhuddin mengatakan, mereka yang melewatinya ini berasal dari Tol Tebing Tinggi-Indrapura, Tol Indrapura-Kisaran, maupun Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar.

"Semua jenis kendaraan akan melalui, baik kendaraan pribadi, komersial, maupun berat pasti akan melewati ruas-ruas ini," ucap Dindin kepada Tim Merpaah Trans-Sumatera Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Sebab, kata dia, arus distribusi logistik juga berjalan. Harapannya, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan melancarkan aktivitas tersebut.

"Jadi, semua jenis kendaraan akan masuk," katanya.

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat disebut-sebut bakal menjadi scenic tollroad (jalan tol dengan pemandangan indah) pertama yang dibangun oleh Pemerintah.

Dindin mengatakan, tol tersebut juga merupakan yang pertama dan terbaik yang dimiliki oleh Hamawas.

Dengan demikian, konsep scenic tollroad ini harus diwujudkan oleh Hamawas selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Selain berperan sebagai konektivitas andalan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tetapi juga konsep ini merupakan keinginan Pemerintah.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dirancang nantinya memiliki enam seksi dan satu junction.

Seksi 1 Tebing Tinggi-Inderapura, Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, dan junction Tebing Tinggi.

Keempat seksi dan junction ini merupakan porsi dari BUJT, dalam hal ini Hamawas. Sementara dua seksi lainnya yakni Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat merupakan dukungan Pemerintah.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/04/190000421/semua-jenis-kendaraan-diprediksi-lintasi-tol-kuala-tanjung-parapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke