Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Januari 2023, Driver Gojek dan Grab Bisa Jadi Peserta Sekaligus Kredit Rumah Tapera

Hal ini menyusul adanya rencana perluasan kepesertaan BP Tapera dari yang hanya mencakup ASN, TNI/Polri, BUMN/BUMD/BUMDes/BHP, dan karyawan perusahaan swasta menjadi menyentuh pekerja mandiri.

Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana BP Tapera Eko Ariantoro memastikan hal tersebut dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (21/11/2022).

"Mudah-mudahan Desember (2022) ada rapat komite, kita bisa sampaikan inisiatif ini ke bapak ibu komite, sehingga bulan Januari (2023) kita bisa launching produk Tapera Mandiri ini melalui satu piloting perbankan," harap Ari.

Saat ini, produk perluasaan kepesertaan BP Tapera untuk pekerja mandiri masih digodok dengan target matang pada akhir Desember 2022.

Menurut Ari, Gojek dan Grab menjadi komunitas pertama yang bakal diajak dalam produk baru ini karena kedua perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan perbankan.

"Penjajakan pertama adalah pekerja di digital platform yang sudah bekerja sama dengan perbankan, itu adalah Gojek dan Grab terkait dengan akuisisinya, kita sudah mulai diskusi dengan Gojek dan Grab," jelas Ari.

Dua karakteristik utama yang harus ada adalah terkait willingness to pay dan ability to pay.

Selain pekerja Gojek dan Grab yang tergabung dalam komunitas digital platform, ada juga pekerja Shopee dan Tokopedia yang bakal bisa menyusul menjadi peserta BP Tapera.

Kemudian ada komunitas agen bank seperti Agen BRI Link, Agen 46, Mandiri Agen, Agen Batara serta komunitas asosiasi seperti IKAPPI, KNTI, NU dan Muhammadiyah.

Karakteristik dasar lain, para pekerja mandiri yang ingin tergabung menjadi peserta BP Tapera harus berusia minimal 20 tahun atau di bawah 20 tahun tapi sudah menikah.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/22/053000121/januari-2023-driver-gojek-dan-grab-bisa-jadi-peserta-sekaligus-kredit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke