Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ide Ciptakan Halaman Belakang yang Bikin Betah Bersantai

Anda dapat menjadikan tempat membaca atau bermain di luar ruangan, atau bahkan menjadikannya halaman yang kosong tergantung pada tingkat kenyamanan.

Dengan menyesuaikan iklim panas, daerah perkotaan kecil, atau properti yang luas di perbukitan, ide-ide lanskap halaman belakang ini akan membantu mengubah ruang luar menjadi perluasan dari rumah Anda.

1. Buat sudut untuk relaksasi

Hal pertama yang pertama, ukir ruang untuk bersantai di halaman belakang. Bagaimanapun, ini adalah retret dari sifat pribadi Anda sendiri.

Gantung tempat tidur di antara dua pohon atau temukan sudut teduh untuk kursi santai. Kemudian ambil segelas es teh dan hirup semuanya.

2. Tambahkan fitur air

Berbicara tentang relaksasi, salah satu cara paling sederhana untuk membuat ruang lebih mengundang adalah dengan tetesan air yang lembut.

Jika Anda mencari ide lanskap untuk halaman belakang dengan lereng atau bukit, pertimbangkan fitur air mengalir yang jatuh menuruni bukit.

Untuk memasukkan fitur air ke teras atau dek belakang, cobalah unit mandiri yang tidak memerlukan penggalian apa pun.

3. Membangun lubang api

Ada sesuatu tentang api yang menyatukan orang untuk berbagi cerita dan persahabatan. Meskipun Anda dapat berinvestasi dalam fitur api yang mahal, cincin batu sederhana juga bisa dicoba.

Namun, Anda perlu memeriksa peraturan setempat tentang kebakaran di luar ruangan dan perhatikan kondisi cuaca dan peringatan kebakaran terkait untuk daerah Anda.

4. Manfaatkan kontainer

Manfaatkan halaman belakang kecil dengan menambahkan wadah ke ruang kosong. Bisa dilakukan dengan melapisi tangga memanfaatkan pohon pot atau keranjang gantung dari teras yang menjorok.

Jika Anda tinggal di iklim gurun, atau daerah dengan tanah liat yang berat atau medan berbatu, berkebun kontainer dapat membantu meringankan pekerjaan.

5. Bangun taman batu

Cara lain untuk mengatasi lokasi penanaman yang menantang adalah dengan membangun taman batu. Taman batu menyediakan cara untuk menstabilkan lereng sambil juga menciptakan lingkungan penanaman yang unik.

6. Menetapkan hal-hal sederhana

Tidak perlu membuat tanaman yang semarak dalam berbagai warna, ukuran, bentuk, dan siluet. Hanya dengan penanaman spesies tunggal bisa sama menariknya dengan kombinasi yang lebih dramatis.

Mantra keep-it-simple juga dapat digunakan saat menciptakan lanekap di lereng. Daripada mencoba merancang dengan berbagai macam tanaman, pilihlah tanaman penstabil tanah yang akan memberikan opsi bebas repot untuk mengelola erosi.

7. Ciptakan oasis yang teduh

Jika tinggal di suatu tempat dengan matahari sepanjang tahun, Anda harus membuat oasis teduh yang dapat menghindarkan dari panas langsung sambil tetap menikmati alam bebas.

Jika tinggal di tempat dengan pohon langka, pertimbangkan untuk membangun punjung atau menggantung layar angin untuk berteduh.

Dan, jika memungkinkan, manfaatkan struktur yang dibangun untuk memberikan keteduhan dengan menempatkan area tempat duduk di sisi utara atau timur rumah, dinding, dan pagar.

8. Sertakan ruang untuk bermain

Ciptakan ruang untuk bersenang-senang di halaman belakang dengan mengambil pole do it yourself klasik dan pasang ayunan ban ke pohon yang kokoh.

Manfaatkan jalur kerikil melalui halaman samping sebagai lapangan bola bocce. Imajinasi adalah kuncinya di sini.

9. Tambahkan warna dengan hardscape

Di banyak iklim, bunga tidak mekar sepanjang tahun. Jadi, jaga hal-hal menarik di halaman belakang dengan memasukkan wadah warna-warni, air mancur, kursi, dan elemen cerah lainnya.

Dengan hardscape yang dicat menambah warna cerah dan memberikan latar belakang pada palet bahan tanaman yang beragam.

10. Pisahkan ruangan

Desainer suka menggunakan konsep "sembunyikan dan ungkapkan" di lanskap. Ide dasarnya adalah untuk memecah pandangan sehingga Anda tidak dapat melihat seluruh lanskap dari satu sudut pandang.

Semak besar, rerumputan tinggi, dan bahkan bahan hardscape dapat digunakan untuk memecah pandangan di sepanjang jalan yang melengkung.

Strategi ini dapat membagi halaman untuk menciptakan area yang berbeda.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/31/200000021/10-ide-ciptakan-halaman-belakang-yang-bikin-betah-bersantai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke