Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung Akan Dilengkapi Ruang Publik

Infrastruktur itu dibangun untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang juga ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Mengingat KEK Tanjung Lesung terkenal dengan keindahan destinasi wisata bahari dengan air lautnya yang jernih.

Sehingga bangunan pengaman akan melindungi pantai dari risiko abrasi akibat terjangan ombak, sekaligus melestarikan vegetasi serta menjaga permukiman dan kawasan pariwisata di sekitar pantai saat air laut pasang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah dukungan infrastruktur untuk KEK Tanjung Lesung.

Mulai dari sistem air minum, rumah susun untuk pekerja, jalan tol, hingga tanggul atau bangunan pengaman pantai.

"Pengaman pantai Tanjung Lesung ini dilengkapi juga dengan ruang publik, seperti plaza, taman, dan jogging track sepanjang 13 kilometer," ujar Basuki saat meninjau infrastruktur KEK Tanjung Lesung pada Senin (08/08/2022), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Pembangunan pengaman Pantai KEK Tanjung Lesung mulai dikerjakan pada 2020 dan ditargetkan selesai 2023 dibawah tanggungjawab BBWS Ciujung, Cidanau dan Cidurian.

Progres pekerjaan paket 1 sebesar 51,35 persen, meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 6,2 kilometer yang dilengkapi jogging track dengan lebar 5 meter.

Selanjutnya Paket 2 dikerjakan oleh kontraktor PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk dengan nilai kontrak Rp 168,3 miliar dengan progres fisik 61,22 persen.

Pekerjaan Paket 2 meliputi revetmen pengaman pantai sepanjang 3,8 kilometer dilengkapi jogging track sepanjang 7,6 kilometer dengan lebar 5 meter.

Pengaman pantai dan jogging track KEK Tanjung Lesung sepanjang 13,8 kilometer akan melindungi kawasan wisata seperti lansekap Plaza Pantai Bodur, Groin Laguna dan Tanjung Lesung Beach Hotel, Groin Laguna Pantai Lalassa, dan Dermaga Pantai Sagna.

Diharapkan dengan dibangunnya jogging track pada pengaman pantai juga dapat menjadi spot wisata dan sarana olahraga baru di sekitar KEK Tanjung Lesung.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/09/161049321/pengaman-pantai-kek-tanjung-lesung-akan-dilengkapi-ruang-publik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke