Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Desain, Begini Panduan Cerdas Memilih Lampu Taman

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya sebagai sebagai tempat diletakannya berbagai jenis tanaman, taman pada hunian juga bisa mempercantik tampilan hunian.

Namun jangan biarkan keindahan taman Anda redup ketika malam tiba. Letakanlah lampu di area taman agar bisa tetap terlihat menawan.

Kebanyakan orang memilih berdasarkan desain semata. Namun ternyata banyak hal yang harus dipertimbangkan. 

Bagi Anda yang masih bingung memilih lampu taman yang sesuai, berikut tips dari desainer interior dan produser Lamps Plus, Michael Murphy seperti dikutip dari Real Simple.

1. Pilih tipe cahaya yang diinginkan

Dalam memilih sebuah lampu, pastikan Anda sudah mengenal tiga tipe dasar pencahayaan yakni ambient, task, dan aksen.

Pencahayaan ambient bisa didapatkan melalui lampu gantung, lampu tiang, dan lampu dinding. Sementara pencahayaan task bisa diwujudkan dengan kehadiran ampu jalur, lampu dek atau lampu keamanan.

Sedangkan untuk bisa mendapatkan aksen pencahayaan luar ruangan, Anda bisa memanfaatkan perlengkapan lanskap dan lampu sorot.

2. Kalkulasi kebutuhan

Sebelum mulai berbelanja, Anda harus mengetahui dengan tepat berapa banyak pencahayaan yang Anda butuhkan.

“Untuk menentukan berapa banyak cahaya yang dibutuhkan ruang, coba kalikan luas persegi area yang ingin Anda terangi dengan 1,5 untuk mendapatkan perkiraan kasar dari total watt yang dibutuhkan,” ujar Michael.


3. Sesuikan dengan ukuran taman

Ukurlah luas taman Anda dengan cermat sehingga tidak memilih perlengkapan yang berskala terlalu besar dari yang seharusnya.

Penempatan lampu sangat tergantung dengan lokasi penempatan. Baik untuk teras depan atau teras belakang, ukuran lampu dinding di luar ruangan harus kira-kira sepertiga tinggi pintu.

Pastikan juga bahwa Anda memilih jenis lampu yang tahan lama dan terbuat dari bahan berkualitas tinggi serta tahan di segala cuaca.

4. Gunakan LED

Michael menyarankan untuk lampu taman, gunakanlah lampu jenis LED. Selain menggunakan energi jauh lebih sedikit daripada halogen atau lampu pijar, bola lampu LED juga minim perawatan, jadi Anda tidak perlu mengganti bohlam.

5. Amati cahaya lampu dari dalam rumah

Mengamati cahaya taman dari dalam rumah sangat membantu untuk memutuskan pencahayaan mana yang harus dipilih dan bagaimana menempatkannya di sekitar halaman Anda.

“Pertimbangkan bagaimana teras, taman, dan jalan setapak terlihat dari dalam rumah Anda,” kata Michael. “Pencahayaan taman yang dapat dilihat dari ruang tamu memberikan nilai ekstra pada malam hari."

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/04/215254021/tak-hanya-desain-begini-panduan-cerdas-memilih-lampu-taman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke