Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkonsep Wantilan, Ini Rancangan Desain Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Mengutip informasi dari situs Kementerian PUPR pada Senin (30/05/2022), pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan di atas lahan PT Angkasa Pura I.

Pengerjaannya telah telah dilakukan mulai 14 Maret 2022 dengan target selesai pada akhir Agustus 2022 mendatang.

Direktur Bina Penataan Bangunan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Boby Ali Azhari mengatakan, terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai akan menjadi wajah baru Pulau Bali dan Presidensi G20.

"Karena disinilah destinasi pertama yang dikunjungi para kepala negara peserta KTT G20. Saya harap koordinasi antar instansi tetap dijaga dengan baik demi kelancaran dan ketepatan pekerjaan," ujarnya.

Adapun ruang lingkup pekerjaan terdiri dari Bangunan VVIP, bangunan pos jaga, bangunan ground water tank dan ruang pompa.

Kemudian, pagar keliling dan gerbang, penataan lansekap, area drop off, area drop on, serta relokasi instalasi Mekanikal Elektrikal Plumbing (MEP).

Bahwa terminal VVIP ini mengusung tema arsitektur tradisional Bali yang dikenal dengan nama Wantilan, yaitu bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertemuan masyarakat adat Bali.

Di samping itu, juga akan ditambah ukiran ornamen, lukisan, dan tanaman khas Bali. Seperti kain Songket Bali, tanaman Jepun Bali, Pucuk Rajuna, Jempiring, serta benda seni patung Garuda, dan Singa Ambara Raja.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/30/185632121/berkonsep-wantilan-ini-rancangan-desain-terminal-vvip-bandara-ngurah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke