Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei Kemenhub: 80 Juta Orang Bakal Mudik Saat Lebaran 2022

Angka tersebut berdasarkan hasil survei dari Balitbang Kemenhub, sebagaimana disampaikan Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan pers, Rabu (23/03/2022).

"Potensi masyarakat yang akan melakukan mudik mendekati angka 80 juta, jika diberlakukan syarat perjalanan dalam negeri seperti yang ada sekarang, yaitu sudah vaksin 2 kali dan tidak dibutuhkan tes antigen/PCR," ujarnya.

Pihaknya pun mengimbau masyarakat agar segera melakukan vaksin booster seiring potensi mobilitas yang diperkirakan bakal sangat meningkat pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan bahwa masyarakat diperbolehkan mudik pada Idul Fitri 2022. Syaratnya sudah 2 kali vaksin serta 1 kali vaksin booster serta prokes ketat.

Mendindaklanjuti hal tersebut, Kemenhub akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan seperti Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian dan Lembaga, serta unsur terkait lainnya.

"Nantinya kami akan menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan, baik untuk perjalanan luar negeri maupun dalam negeri, yang seperti sebelum-sebelumnya selalu merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19," tandasnya.

Adapun petunjuk teknis pelaksanaan di lapangan juga akan didiskusikan dengan para stakeholder terkait.

Termasuk pihak POLRI, di antaranya terkait mekanisme pengawasan terhadap ketentuan syarat perjalanan dan penerapan prokes di lapangan.

"Diharapkan ketentuan mengenai perjalanan mudik dan pelaksanannya dapat difinalisasi dalam waktu dekat dan segera diumumkan kepada masyarakat," pungkasnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/23/201832521/survei-kemenhub-80-juta-orang-bakal-mudik-saat-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke