Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agar Aman, Ikuti Panduan Ini untuk Berlindung Saat Terjadi Gempa

KOMPAS.com - Apa yang yang dipikirkan ketika gempa bumi terjadi dan Anda sedang berada di gedung bertingkat?

Mungkin sebagian besar jawaban yang muncul adalah melakukan evakuasi melalui tangga darurat sesegera mungkin. Namun, ternyata langkah tersebut dinilai kurang tepat.

Ketua Dewan Pembina Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta menjelaskan bahwa gempa bumi pada umumnya hanya berlangsung sekitar 30-60 detik.

Akan tetapi, efek guncangan pada bangunan atau benda yang terganggu masih tersisa dan membutuhkan waktu untuk mencapai keseimbangan semula.

Hal tersebut yang menyebabkan banyak yang mengira bahwa gempa bumi masih berlangsung dalam kurun waktu lebih dari satu menit.

Oleh karenanya, tindakan yang sebenarnya harus dilakukan oleh penghuni gedung bertingkat saat terjadi gempa adalah berlindung di bawah barang yang kuat dan kokoh, seperti di bawah meja.

Selain itu, masyarakat terlebih pengelola gedung juga wajib mengetahui jenis-jenis guncangan gempa yang terbagi menjadi dua, yaitu guncangan besar dan guncangan ringan.

Guncangan besar dapat ditandai dengan jatuhnya televisi, bingkai foto, buku, kursi yang begeser hingga dapat menyebabkan penghuni gedung merasa kesulitan untuk berdiri dengan seimbang.

Sementara gempa ringan hanya ditandai dengan lampu gantung yang bergoyang dan kulit bangunan serta partisi yang berderik karena tersusun dari material alumunium yang disekrup ke kerangka.

“Nah, untuk para pemilik gedung saya berpesan, jangan langsung menyuruh evakuasi karena ini bisa membahayakan lansia, misalnya yang memiliki sakit jantung atau yang tidak mampu berjalan jauh dan malah mengakibatkan kecelakaan lain,” jelas Davy dalam webinar yang diselenggarakan oleh HAKI, Jumat (28/1/2022).

Tidak hanya itu, Davy kembali menjabarkan bahwa dalam waktu 30-60 detik, kemungkinan penghuni gedung bertingkat baru akan masuk ke tangga darurat, sedangkan gempanya telah berhenti dan hanya menyisakan efek goyangan saja.

“Coba kita bayangkan, dalam waktu 30 detik dan kita lari lewat tangga darurat gedung bertingkat, bisa mencapai berapa lantai?” pungkas Davy.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/02/140000821/agar-aman-ikuti-panduan-ini-untuk-berlindung-saat-terjadi-gempa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke