Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lahan Seperti Ini yang Sering Jadi Incaran Mafia Tanah

Menurutnya mafia tanah sangat terlatih dan profesional dalam melancarkan aksinya menguasai lahan atau tanah secara ilegal.

"Masyarakat itu harus tetap waspada dan berhati-hati terhadap praktik mafia tanah. Mereka itu sangat lihai dalam mengambil atau menguasai tanah seseorang secara ilegal," kata Taufiqulhadi kepada Kompas.com, Jumat (19/11/2021).

Taufiqulhadi menjelaskan lahan atau tanah dengan ukuran yang luas seringkali menjadi incaran mafia tanah.

Selain itu, mafia tanah juga umumnya mengincar lahan-lahan yang memiliki harga jual tinggi.

"Mafia tanah itu nggak mau bermain dengan skala tanah atau lahan yang kecil misal 200 meter persegi. Itu penipuan biasa dan belum tentu ada keterlibatan mafia kalau ukurannya kecil," ujarnya.

Setelah melihat besarnya potensi suatu kawasan, mafia biasanya secara perlahan akan berupaya menguasai tanah dengan berbagai cara.

Salah satu caranya yaitu dengan membeli sebagian lahan tersebut. Kemudian barulah menguasai lahan di sekitarnya dengan menerbitkan girik palsu.

Taufiqulhadi mengingatkan, jaringan mafia tanah sangatlah luas. Mereka juga bisa bermain hingga di pengadilan.

Mereka mendapatkan bantuan oknum internal baik di Kementerian ATR/BPN, Kepolisian hingga hakim yang terlibat dalam jaringan mafia tanah.

"Kami akui, oknum di BPN yang terafiliasi dengan jaringan mafia tanah itu masih ada, tapi sedikit, tapi tidak hanya di kami, di banyak lembaga juga ada oknum yang terafiliasi dengan mafia tanah itu," tuntas Taufiqulhadi.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/19/203000621/lahan-seperti-ini-yang-sering-jadi-incaran-mafia-tanah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke