Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Pengembang Rumah Subsidi di Kalbar Dapat Bantuan PSU Rp 9,49 Miliar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bantuan PSU merupakan stimulan bagi pelaku pembangunan untuk membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) lebih berkualitas dan dapat dihuni dengan baik.

"Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni, dan berkualitas bagi MBR,” terang Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (23/07/2021).

Senada dengan Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, bantuan PSU disalurkan oleh Kementerian PUPR agar masyarakat yang tinggal di rumah subsidi merasa nyaman.

"Bantuan PSU akan kami salurkan kepada pengembang perumahan di Kalbar sebagai stimulan agar mereka lebih bersemangat membangun rumah subsidi untuk masyarakat serta mendorong tercapainya Program Sejuta Rumah (PSR)," kata Khalawi.

Dalam pelaksanaan penyaluran bantuan ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR melaksanakan penandatangan kontrak dengan 20 pengembang perumahan bersubsidi.

Acara ini dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya dan Rumah Umum dan Komersial pada Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Kalimantan Barat Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan I.

Sebanyak 20 pengembang perumahan bersubsidi tersebut terdiri dari 15 pengembang di Kabupaten Kubu Raya sebanyak 892 unit, satu pengembang di Kota Pontianak sebanyak 96 unit, dan satu pengembang di Kabupaten Landak sebanyak 66 unit.

Lalu, satu pengembang di Kabupaten Sambas sebanyak 50 unit, 1 pengembang di Kabupaten Ketapang sebanyak 139 unit, serta 1 pengembang di Kabupaten Melawi untuk 124 unit rumah subsidi.

Dana senilai Rp 9,49 miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan PSU berupa jalan lingkungan rumah bersubsidi sepanjang 6.133,5 meter.

Jalan ini terdiri dari paving block sepanjang 5.513,5 meter dan beton sepanjang 620 meter.

Khalawi menargetkan, seluruh proses pembangunan PSU rumah bersubsidi di Kalbar bisa selesai pada akhir tahun ini.

Sebagai informasi, pelaksaan bantuan PSU dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 03/PRT/M/2018 tentang Perubahan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 38/PRT/M/2015 tentang Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Untuk Perumahan Umum.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/07/23/130000221/20-pengembang-rumah-subsidi-di-kalbar-dapat-bantuan-psu-rp-9-49-miliar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke