Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ubin Popping, Bagaimana Cara Memperbaikinya? Simak Panduan Berikut

Popping merupakan kondisi meledaknya lantai ubin karena beberapa faktor. Kondisi ini bahkan bisa dijumpai pada rumah yang baru dibangun.

Beberapa faktor bisa memicu terjadinya ubin pooping. Faktor pertama adalah karena cuaca.

Bila ubin rumah Anda berada di area yang terpapar sinar matahari secara langsung, berhati-hatilah.

Sinar matahari akan menghasilkan panas yang menyebabkan ubin mengembang. Apabila perekat tidak kuat, ubin dapat popping dan pecah.

Memasang ubin di area yang memiliki kelembaban tinggi juga bisa menyebabkan popping. Hal tersebut karena ubin bisa membengkak lantaran menyerap banyak uap air.

Alasan lainnya adalah karena masalah konstruksi. Kemungkinan besar, campuran semen yang menjadi dasarnya memiliki kualitas buruk sehingga saat ubin diletakkan, tidak ada ikatan yang kuat.

Hal selanjutnya yang bisa memicu keretakan adalah kualitas ubin yang dipilih buruk sehingga rentan pecah.

Hindari membeli ubin yang memiliki pori-pori besar karena akan mudah menyerap air sehingga lama kelamaan bisa mengalami popping,

Sebaiknya membeli ubin baru. Meskipun terkadang ubin model lama memiliki harga lebih terjangkau, namun bisa saja lapisan pelindungnya telah hilang.

Pengguna bahan pembersih kimia yang terlalu keras juga dapat menyebabkan daya rekat ubin mengalami penurunan. Karena itu, pilih pembersih lantai yang sesuai.

Bila menemukan kondisi ini di lantai rumah Anda, segera perbaiki. Semakin lama Anda membiarkannya, kerusakan akan meluas.

Segera ganti ubin dengan yang baru. Pastikan memilih ubin dengan kualitas terbaik agar bisa tahan lebih lama.

Jangan lupa menggunakan tenaga kerja yang terpercaya sehingga tidak ada kesalahan dalam proses pemasangan.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/24/170000321/ubin-popping-bagaimana-cara-memperbaikinya-simak-panduan-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke