Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unilever Ajak Masyarakat Olah Sampah

Head of Corporate Affairs and Sustainability Unilever Indonesia Nurdiana Darus mengatakan, melalui gerakan tersebut, Unilever Indonesia mengajak masyarakat peduli lingkungan dan lebih bertanggung jawab terhadap kemasan yang digunakan, terutama plastik.

"Hal ini sejalan dengan strategi bisnis global yang dinamakan ‘The Unilever Compass’ dimana Unilever berkomitmen untuk menumbuhkan bisnis berkelanjutan, bertanggung jawab, dan memberikan manfaat pada sosial dan lingkungan," ucap Nurdiana dalam siaran pers, Selasa (16/06/2021).

Nurdiana berpendapat, ajakan ini menjadi relevan mengingat tahap pengumpulan dan pengolahan sampah plastik adalah komponen penting dalam mengurangi beban sampah terhadap lingkungan sekaligus menciptakan ekonomi sirkular.

Untuk itu, seluruh pihak memiliki peran masing-masing, termasuk Pemerintah, organisasi kemasyarakatan, konsumen, serta produsen.

Peranan penting produsen tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen.

Lewat regulasi tersebut dijelaskan bagaimana setiap produsen sepatutnya memiliki roadmap yang jelas dan terukur dalam mendukung upaya pengumpulan dan daur ulang sampah, utamanya plastik.

Untuk itu, Unilever Indonesia secara khusus menyusun roadmap yang telah diserahkan
kepada pihak Kementerian LHK sebagai wujud Extended Stakeholder Responsibility (ESR) perusahaan.

Nurdiana mengatakan, roadmap tersebut menegaskan komitmen Unilever Indonesia yang telah melakukan berbagai upaya dari hulu ke hilir untuk menangani permasalahan sampah terutama sampah plastik.

Ini juga bertujuan dalam mendukung Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah yang dicanangkan Pemerintah sejak 2019 lalu.

Melanjutkan upaya ini, #GenerasiPilahPlastik diharapkan dapat menjadi bagian dari komunikasi, informasi, dan edukasi yang mendorong konsumen berbagi peran dengan menanamkan kesadaran bahwa memilah sampah plastik dari rumah merupakan hal yang mudah dan bermanfaat untuk diri sendiri serta lingkungan.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/06/16/130000821/unilever-ajak-masyarakat-olah-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke