Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lintasi 4 Kabupaten/Kota, Tol Cimanggis-Cibitung Tuntas Juni 2022

Hingga saat ini jalan bebas hambatan yang merupakan salah satu ruas jaringan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini telah mencapai konstruksi 78,80 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, tol ini dibangun untuk memperlancar arus lalu lintas di area Jabodetabek, yang melewati empat Kabupaten Kota yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi.

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing investasi," kata Basuki dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Senin (31/05/2021).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V Ridwan Bae mengingatkan dalam pembangunan jalan tol harus memperhatikan mutu, penyelesaian pembangunan tepat waktu dan pemeliharaan yang tepat sehingga masyarakat betul-betul dapat menikmati manfaatnya dengan baik.

“Ketersediaan infrastruktur yang baik merupakan mesin utama pembangunan, memacu pertumbuhan ekonomi, distribusi logistik serta pemerataan hasil pembangunan demi kesejahteraan masyarakat,” tutur Ridwan 

Tol Cimanggis-Cibitung diharapkan mampu mewujudkan pelayanan jalan yang andal dan prima dengan memenuhi kinerja jalan yang layak fungsi dan berdaya saing utamanya memenuhi standar pelayanan minimal.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono menimpali, saat ini secara keseluruhan progres pembebasan lahan Tol Cimanggis-Cibitung mencapai 86,52 persen dengan konstruksi 78,80 persen.

Pembebasan lahan tengah diselesaikan dalam waktu dekat sehingga ditargetkan rampung Juni 2022.

Tol Cimanggis-Cibitung dikerjakan oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways dengan panjang 26,2 kilometer.

Terbagi dalam dua seksi, yaitu Seksi 1 Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya/Transyogi sepanjang 3,17 kilometer yang telah beroperasi sejak 26 Oktober 2020, dan Seksi 2 Ruas On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung 23 kilometer.

Pelaksanaan konstruksi pada Seksi 2 terdiri dari Segmen Jatikarya-Cikeas 3,38 kilometer yang ditargetkan tuntas Desember 2021 dan Segmen Cikeas-Cibitung 19,63 kilometer rampung Juni 2022.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/05/31/141316321/lintasi-4-kabupaten-kota-tol-cimanggis-cibitung-tuntas-juni-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke