Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua RT: Para YouTuber Akan Bantu Pemasangan Listrik dan Air di Rumah Tiko

Kompas.com - 06/01/2023, 19:22 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viralnya rumah Tiko dan Ibu Eny yang terbengkalai tak lepas dari bantuan para YouTuber.

Menurut Ketua RT 006 RW 002, Klender, Jakarta Timur, Noves Haristedja, para YouTuber juga akan membantu pemasangan listrik dan air di rumah tersebut.

“Masalah listrik nanti kita memang akan bicarakan dengan para YouTuber dan akan dibantu,” ujar Noves di kawasan Klender, Jakarta Timur, Jumat (6/1/2023).

Sebelumnya para YouTuber bergotong royong membersihkan rumah yang terbengkalai bertahun-tahun itu bersama warga sekitar, petugas Dinas Pemadam Kebakaran, dan petugas PPSU.

Baca juga: Kondisi Rumah Tiko dan Ibu Eny Setelah Dibersihkan, Tak Lagi Menyeramkan

Noves mengatakan jauh sebelum kabar rumah itu viral, ia sudah berniat untuk membantu pemasangan listrik dan pompa air di rumah Tiko. Namun ketika itu Tiko tidak setuju.

"Memang sebelum viral saya udah niatkan sama Tiko untuk tarik satu kabel dari parkiran ke rumahnya biar dapat satu titik lampu, dan pasang pompa air agar Tiko bisa lakukan apapun di rumahnya,” kata Noves.

Menurut Noves, sekarang Tiko sudah setuju rumahnya akan dipasang listrik dan air ke depannya.

Dengan begitu, rumahnya tersebut bisa kembali layak untuk ditinggali. Mengingat saat ini Tiko tinggal di pos satpam di kompleks rumahnya.

Baca juga: Tak Ada Niat Jual Rumahnya, Tiko: Karena Peninggalan Papa

“Waktu sebelumnya emang enggak mau (dibantu). Sekarang mah udah mau apalagi ada bantuan dari YouTuber. Kita lebih semangat lagi,” tutur Noves.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, rumah Tiko kini tampak sangat berbeda dari awal viral.

Rumah itu sebelumnya kotor, penuh debu, dengan tanaman yang tidak terurus. Kini rumah Tiko sudah terlihat lebih terang karena pepohonan di rumahnya sudah ditebang.

Lantai rumahnya kini terlihat lebih bersih setelah dibersihkan oleh para YouTuber yang dibantu oleh warga, Damkar hingga PPSU.

Baca juga: Tiko Ungkap Kondisi Ibu Eny di Rumah Sakit

Rumah yang masih dihuni oleh Tiko dan Ibu Eny itu viral setelah salah satunya ditampilkan Irfan Jayani melalui akun YouTube-nya Bang Brew TV.

Youtuber itu semula hendak membuat konten mengenai rumah kosong yang tak berpenghuni.

Namun dia justru mendapati bahwa rumah itu didiami seorang perempuan paruh baya dan anaknya.

Rumah Tiko tak terawat sejak tahun 2010. Tiko merawat sang ibu yang mengalami gangguan jiwa sejak usianya masih 12 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com