Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balpil, Animasi Karya Anak Negeri yang Berikan Pesan Bhinneka Tunggal Ika

Kompas.com - 12/11/2022, 12:18 WIB
Revi C. Rantung,
Rintan Puspita Sari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Animasi Balpil yang merupakan karya anak negeri mendapat pujian dari Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf).

Untuk diketahui, animasi Balpil merupakan proyek IP yang sudah dimulai sejak 2011.

Balpil mengisahkan tentang robot masa depan yang ditugaskan untuk mendampingi anak-anak sekawan Bhinnekaz untuk mencegah Perang Dunia ke-3.

Holip Soekawan selaku Project Director animasi Balpil menyebut bahwa animasi ini merupakan karya anak bangsa yang memberikan pesan Bhinneka Tunggal Ika dan kekayaan Indonesia kepada dunia.

Baca juga: Serial Animasi Balpil Hadir dalam Bentuk NFT di Episode Terbaru

“Visi kami ingin mengekspos kekayaan Indonesia mulai dari empat tokoh yang ada, seperti harimau sumatera, ikan arwana, dan masih banyak lagi fauna Indonesia,” kata Holip Soekawan dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Animasi Balpil sendiri terinspirasi dari fauna khas Indonesia yang mana membawa pesan kepada generasi muda bahwa kekuatan fisik, intelektual, sosial, serta spiritual merupakan landasan penting dalam menghadapi persaingan global.

Lebih lanjut, Holip juga mempunyai harapan agar ke depannya hadirnya robot Al yang diproduksi di Indonesia bisa didapatkan orang.

Sementara itu, Adam Jagwani selaku Eksekutif Produser animasi Balpil mengatakan bahwa pesan moral sangat erat kaitannya dengan animasi ini.

Baca juga: Animasi Balpil Hadirkan Episode Terbaru, Dapat Apresiasi hingga Dukungan

“Memang animasi Balpil ini bukan hanya superhero, tapi kami ingin menyampaikan bahwa pentingnya generasi muda itu untuk hidup seimbang,” ucap Adam Jagwani.

Kemudian, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung memberikan apresiasi dan terus mendukung perkembangan animasi tersebut.

“Bertepatan dengan Hari Pahlawan, diharapkan episode ini dapat menjeadi momentum refleksi dalam menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan di kehidupan kita,” tutur Sandiaga Uno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com