Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animasi Balpil Rilis Episode Ketiga dengan Angkat Tema Hari Pahlawan

Kompas.com - 10/11/2021, 23:03 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Animasi Balpil akan merilis episode ketiga melalui kanal YouTube pada 10 November 2021, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Baru-baru ini, Animasi Balpil berhasil menjadi salah satu finalis dalam program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI 2021) di Bogor, Jawa Barat.

Program tersebut diadakan oleh Kemenparekraf. Saat menghadiri ajang pameran kreasi lokal tersebut, Menparekraf, Sandiaga Uno berkomentar mengenai animasi Balpil.

Menurut Sandiaga, animasi Balpil menyajikan visual yang menarik di mata.

Baca juga: Animasi Balpil Siap Rilis Trailer Terbaru Jelang HUT Ke-75 RI

"Kostum kostum para karakter di animasi ini keren. Proyek IP ini perlu dikembangkan lebih jauh lagi," kata Sandiaga Uno seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima, Rabu (10/11/2021).

Sandiaga juga mengatakan, merchandise dari karakter Arwana yang ada di dalam animasi Balpil, layak dikirim ke Walikota Singkawang sebagai kota yang identik dengan budidaya ikan hias tersebut.

Setelah melalui proses jatuh bangun dari tahun 2011, animasi Balpil akhirnya berhasil menayangkan episode pertama di YouTube pada 17 Agustus 2021. Rencananya, mereka akan mengeluarkan 10 episode pada tahun 2022. Setiap episodenya akan berdurasi minimal 10 menit.

Project Director animasi Balpil, Holip mengatakan, peringatan Hari Pahlawan menjadi inspirasi animasi Balpil untuk episode kali ini. 

Baca juga: Komik Asli Indonesia, Balpil dan Bhinnekaz Hadir dalam Versi Bahasa Inggris

"Salah satu nilai yang ingin kami sampaikan melalui episode #3 animasi Balpil; mari kita kenang dan hargai para pahlawan yang telah berjasa untuk bangsa ini, dengan setiap insan menggali jiwa pahlawan dalam diri masing masing," ujar Holip.

Animasi Balpil menceritakan tentang lima anak SMA, yaitu Agus (fisik), Binsar (intelektual),
Edo, Ling-Ling (sosial), dan Made (spiritual).

Mereka mendapat kiriman sebuah robot A.I. Balpil dari masa depan. Robot Balpil mendampingi para anak tersebut dalam menghadapi tantangan keseharian mereka sebagai anak remaja di Generation Z.

Selain itu, Balpil dan kawan-kawan memiliki tugas mencari dan mencegah sumber ketidakseimbangan yang akan menyulut terjadinya Perang Dunia III.

Baca juga: Pengalaman Pertama, Olivia Jensen Antusias Isi Suara Animasi Balpil dan Bhinnekaz

Pesan edukasi serial ini adalah tentang pentingnya hidup seimbang #fisos yang akan disampaikan dengan ringan dan menghibur, melalui keberagaman dan kekayaan fauna Indonesia.

"Balpil adalah singkatan dari balanced pillar, yaitu pilar keseimbangan. Animasi ini ingin menyampaikan pentingnya setiap insan untuk menjadi sebuah pilar yang kuat dan seimbang. Bagaimana menjadi pilar yang kokoh? Dengan menjaga dan membangun keseimbangan di empat sisi #fisos," kata Holip.

Sebelum diangkat ke dalam animasi, Balpil telah hadir lebih dulu dalam versi komik. Selain itu, komik Balpil sendiri sudah dicetak dalam versi bahasa Inggris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com