Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelecehan Seksual di Industri Film, Dian Sastro Desak Kode Etik Mengikat

Kompas.com - 07/02/2022, 15:34 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo angkat bicara mengenai kekerasan seksual yang terjadi di sektor industri film Tanah Air.

Melalui unggahan Instagram-nya, Dian Sastro menyebarkan undangan terbuka kepada seluruh anggota ekosistem perfilman Indonesia.

Tujuannya agar bersama-sama berkomitmen dan mengedukasi diri untuk membangun ruang aman dari kekerasan seksual.

"Kenyataannya kekerasan seksual di ekosistem perfilman masih terus terjadi dan, tanpa kejelasan aturan, semua orang bisa menjadi pelaku atau korban," tulis Dian Sastro dalam undangan yang ia bagikan, dikutip Kompas.com, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Jelang Tanding Pingpong Lawan Abdel Achrian, Desta Pamer Dukungan dari Dian Sastro hingga Raisa

Menurutnya, selama ini tidak sedikit korban pelecehan seksual yang bungkam karena tidak ada sistem penanganan yang baik dan tidak berpihak.

Oleh karena itu, Dian Sastro menganggap ini merupakan pekerjaan rumah setiap orang yang peduli untuk merumuskan dan memegang teguh etika berkarya.

Salah satunya, kata Dian Sastro, dengan membuat dan menyepakati standar kerja untuk pencegahan pelecehan seksual dan mempermudah proses aduan korban.

Dia berujar, langkah nyata yang pihaknya sedang dan akan dilakukan seperti membuat pelatihan anti kekerasan seksual untuk anggota ekosistem.

Baca juga: Ikut Whats My Name Challenge, Dian Sastro Dapat Banyak Pujian

"Menyusun dan mendorong yang akan ditandatangani seluruh institusi di bawah Badan Perfilman Indonesia (BPI)," tulis Dian Sastro.

"Mendorong dibuatnya kode dan dewan etik, serta membuat mekanisme pengaduan baik di tingkat asosiasi profesi maupun di skala BPI," ujarnya lagi.

Bagi Dian Sastro, salah satu cara untuk menciptakan ruang kerja yang aman dari kekerasan seksual dengan membuat kebijakan atau Standard Operating Procedure (SOP).

"SOP yang dibuat ditujukan untuk mengedukasi, mencegah, melindungi, dan menindak tegas laporan yang masuk," kata Dian Sastro.

Baca juga: Versi Baru Menghapus Jejakmu, Angga Yunanda dan Vanesha Prescilla Gantikan Ariel NOAH dan Dian Sastro

Dalam keterangan tertulis unggahan Instagram-nya, Dian Sastro mengajak untuk berperan aktif dalam mendukung permasalahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com