Kompas.com - 08/12/2021, 17:49 WIB
Aktor Vino G Bastian dalam film Buya Hamka. DOK. FALCON PICTURESAktor Vino G Bastian dalam film Buya Hamka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Buya Hamka yang dibintangi aktor Vino G Bastian dipastikan sudah menyelesaikan proses syutingnya.

Bahkan, sutradara Fajar Bustomi juga memastikan bahwa tahap penyuntingan untuk film biopik tersebut telah rampung.

"Proses editing-nya sudah selesai. Sekarang sedang proses online, jadi mempercantik gambaran, meng-color grading warnanya, sedang proses musiknya, dan mixing suaranya," ungkap Fajar Bustomi dalam jumpa pers virtual, Rabu (8/12/2021).

Baca juga: Jadi Sutradara Film Buya Hamka, Fajar Bustomi Langsung Sujud Syukur

Dengan begitu, sutradara di balik film Dilan 1990 dan Dilan 1991 itu berharap agar segala proses produksi Buya Hamka dalam waktu dua bulan ke depan telah selesai semuanya.

Di sisi lain, Fajar Bustomi mengungkapkan proses syuting Buya Hamka pertama kali berlangsung justru sebelum terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Proses syuting jauh sebelum pandemi dan kita syuting hampir 6 bulan periodenya. Hampir di beberapa daerah di Indonesia, ada di Sumatra Barat, Danau Maninjau, Padang Panjang, Tegal, dan di Kairo," ujar Fajar Bustomi.

Baca juga: Sinopsis Buya Hamka, Vino G. Bastian Jadi Pemeran Utama

Untuk Kairo itu sendiri, Fajar Bustomi mengungkapkan, latar tersebut dijadikan tempat syuting ketika adegan Buya Hamka sewaktu berusia 18 tahun pergi ke Makkah.

"Kita ingin syuting/memfilmkan bagaimana Hamka pergi Mekah di era 1928 pada saat dia berumur 18 tahun kalau enggak salah," ucap Fajar Bustomi.

"Makkah zaman sekarang kan beda dengan era itu. Jadi, mau enggak mau kita harus cari tempat yang dekat dengan era itu. Kita sempat ke Kairo, kita cari salah satunya ke Yordania," tutur Fajar Bustomi melanjutkan.

Baca juga: Vino G Bastian Gunakan Protestik untuk Mainkan 2 Fase Kehidupan Buya Hamka

Adapun Buya Hamka merupakan film biopik yang diangkat dari kehidupan ulama, Profesor Doktor Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka.

Film biopik ini akan mengisahkan dua fase kehidupan Buya Hamka, masa muda dan tua. Dimulai ketika masih kecil hingga pernah mengunjungi Mesir di masa muda, sampai masa tua saat menjadi seorang tokoh yang disegani.

Film juga menyoroti bagaimana cara Hamka menyampaikan dakwahnya secara santun.

Buya Hamka juga menyoroti aspek humanis Hamka dan prosesnya dalam menggapai semua pencapaian dalam hidup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.